Kapolda Kalimantan Selatan  Irjen.Pol Dr Nico Afinta seiring kunjungan kerja menghadiri pencanangan Kampung Tangguh Banua di Kabupaten Hulu Sungai Utara juga meresmikan Mesjid Al Hidayah yang berada di kawasan Mapolres Hulu Sungai Utara.

Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto selaku ketua panitia pembangunan Mesjid Al Hidayah di Amuntai, Rabu melaporkan mesjid dibangun sejak September 2019 dan selesai pada akhir Mei 2020.

"Sumber dananya berasal dari sumbangan dari pejabat dan personil Polres HSU yang dikumpulkan setiap Senin dan Jum'at, sumbangan perusahaan, pemerintah daerah, forkopimda dan lainnya," ujar Pipit.

Pipit berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat membantu pembangunan mesjid dan mendo'akan segala yang dicurahkan untuk pembangunan tempat ibadah ini menjadi amal jariyah.
 
Kapolda Kalsel Irjen Pol dr Nico Afinta melakukan pemotongan pita kembang sebagai tanda peresmian Mesjid Al Hidayah Polres HSU disaksikan Bupati H Abdul Wahid dan undangan, Rabu (15/7). (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Mesjid yang selesai pembangunan selama 10 bulan ini terdiri dua lantai dimana lantai dasar direncanakan jadi lokasi parkir mobil water canon Polres HSU. Hanya lantai bagian atas difungsikan untuk tempat ibadah.

Kapolres juga berharap Mesjid Al Hidayah Polres HSU bisa menjadi tempat bagi bermusyawarah, berdiskusi dan membahas berbagai permasalahan.

"Sebelum diresmikan, pihak Polres mengawalinya dengan pembacaan Al Qur'an 30 juz dengan maksud memohon kepada Allah SWT agar Bangsa Indonesia terbebas dari wabah COVID 19 dan jajaran kepolisian dapat melaksanakan tugas dengan baik," katanya.

Sementara Kapolda Kalsel Irjen.Pol dr Nico Afinta  mengapresiasi Kapolres HSU yang berinisiatif membangun mesjid dikawasannya.

Pembangunan mesjid ini, kata Nico, sangat bersesuaian dengan tujuh prioritas Kapolri diantaranya pembanguna SDM unggul.
 
Kapolda Kalsel Irjen Pol dr Nico Afinta menyampaikan sambutan pada peresmian Mesjid Al Hidayah Polres HSU. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

"Kalau di kawasan Polres dibangun mesjid, berarti harus bisa mencetak manusia-manusia unggul," katanya.

Menurut Nico, mesjid bisa mencetak manusia unggul, karena mesjid sebagai sarana pendidikan agama, tempat berdiskusi, bermusyawarah dan pengajian.

Kapolda juga berharap dari mesjid Polres HSU bisa timbul pemikiran-pemikiran yang bisa menghadirkan solusi bagi permasalahan di masyarakat HSU.

"Salah satu permasalahan yang kita hadapi yakni penyebaran wabah COVID 19 dan satu-satunya obat yang manjur untuk diterapkan adalah disiplin," kata Kapolda.

Semua pihak, diharapkan Nico, mampu menerapkan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan agar penyebaran COVID 19 bisa segera diakhiri.

Peresmian  Mesjid Al Hidayah Polres HSU ditanda dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Kapolda Kalsel.

Pada kesempatan itu, Kapolda melakukan pemotongan nasi tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur dan memberikan potongan pertama kepada Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari.

Kapolda juga menyerahkan cendra mata kepada alim ulama yang diwakili Ketua MUI HSU KH Said Masrawan dan cendra mata serta sertifikat kepada donatur pembangunan mesjid yang diterima Ketua KONI H Barkati.

Kepada sejumlah pengurus panti asuhan, Kapolda juga memberikan cendramata berupa bantuan sembako kepada  dua panti asuhan di HSU yang diserahkan Asisten I Setdaprov Kalsel Sugian Nor.

Sedangkan cendramata bagi Kapolda Kalsel berupa bunga cempaka dalam botol atau ' bunga abadi 'khas kerajinan HSU diserahkan oleh Kapolres HSU.

Kegiatan peresmian Mesjid Al Hidayah Polres HSU turut dihadiri Gubernur di wakili Asisten I Setdaprov Kalsel Sugian noor, Danrem 101 Antasari yang diwakili Kasrem.

Selain itu, Bupati HSU H Abdul Wahid dan Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari juga hadir bersama Dandim 1001 Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, Kepala Kejaksaan Negeri HSU Novan Hadian dan Ketua KONI H Barkati dan undangan lain.

Alim ulama diantaranya Ketua MUI HSU KH Said Masrawan, alim ulama KH Bari'e, KH Abdul Hamid, KH Sam'uni juga di undang Kapolres HSU dalam rangka mendo'akan dan bersilaturrahmi dengan Kapolda Kalsel.

Kapolda bersama Bupati HSU dan undangan menyempatkan melaksanakan Sholat Magrib berjama'ah di mesjid yang baru di bangun tersebut, selepasnya Kapolda dan jajaran bertolak kembali melanjutkan kunjungan kerja ke kabupaten lain.  

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020