Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani menyerahkan bantuan Pemerintah Kota Banjarbaru kepada warga yang terdampak COVID-19 di Kecamatan Cempaka berupa ratusan ekor unggas untuk dipelihara. 

Penyerahan bantuan dilakukan wali kota didampingi Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan, Kamis saat meninjau UPT Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Cempaka Jalan Mistar Cokrokusumo, Cempaka.

Jumlah hewan ternak yang diserahkan wali kota kepada petani dan peternak di Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka sebanyak 500 unggas terdiri dari 460 ekor bebek atau itik dan ayam sebanyak 40 ekor.

"Kami berharap bantuan unggas ini dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup selama COVID-19 dan semoga unggasnya semakin berkembangbiak sehingga makin banyak," ujarnya. 

Ia mengatakan, selain ternak unggas, wilayah Kelurahan Bangkal juga bisa dikembangkan hasil pertanian apalagi sudah disiapkan UPT BPP Cempaka sehingga bisa membantu masyarakat dan petani mengembangkan usaha. 

Dijelaskan, pengembangan pertanian termasuk peternakan juga sebagai pilihan bagi masyarakat yang selama ini menjalani aktivitas mendulang intan (permata) yang memang sudah turun-temurun di wilayah tetsebut. 

"Kami berupaya meningkatkan sektor pertanian juga peternakan di wilayah Cempaka sehingga pelan-pelan bisa mengubah aktivitas pendulangan intan menjadi petani maupun peternak itik dan ayam," ungkapnya. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Banjarbaru Siti Hamdah mengatakan, UPT BPP merupakan miniatur dinas sekaligus tempat belajar masyarakat tentang pertanian maupun perternakan.

"UPT Balai Penyuluhan Pertanian ini sangat berperan meningkatkan hasil pertanian maupun perternakan karena disiapkan penyuluh yang selalu siap membantu masyarakat menjalankan usahanya," kata dia. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020