Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta mengapresiasi semangat luar biasa masyarakat dalam mewujudkan Kampung Tangguh.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Kampung Tangguh Banua di Desa Mega Sari dan Desa Sarang Tiung, Kabupaten Kotabaru, Jumat.

"Saya bangga Kotabaru dapat mewujudkan Kampung Tangguh dengan baik meskipun berada di pulau dan jauh dari perkotaan, tetapi semangat masyarakat sungguh luar biasa," kata Nico.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memberikan bantuan wujud support terhadap Kampung Tangguh Banua di Kotabaru. (ANTARA/Humaspolda)


Maka dari itu, Kapolda pun mengaku optimis wilayah pesisir di Kotabaru tersebut bisa menangkal penyebaran COVID-19.

"Dengan adanya Kampung Tangguh ini, TNI dan Polri hanya mendorong agar terbentuk tetapi hal ini tidak bisa berjalan sendiri sehingga peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan," tegas jenderal bintang dua itu.

Nico menegaskan, desa menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19. Sehingga melalui Kampung Tangguh yang ada di pelosok desa, diharapkan rantai penyebaran virus corona dapat ditangkal.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta melepas bantuan tahap dua Kapolri. (ANTARA/Humaspolda)


Saat berada di Kotabaru, Kapolda juga berkesempatan melepas bhakti sosial tahap dua dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis berupa beras untuk warga setempat.

Sementara Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin mengatakan, sinergitas seluruh unsur terjalin sangat baik dalam membangun Kampung Tangguh Banua.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta didampingi Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin mencuci tangan dalam rangka edukasi protokol kesehatan. (ANTARA/Humaspolda)


Selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, kata Kapolres, masyarakat secara mandiri juga tangguh di sektor ekonomi dengan dapat memenuhi kebutuhan pokok seperti bahan pangan melalui kegiatan budidaya.

Seperti yang disampaikan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus jika pemda juga telah memberikan bantuan kepada desa antara lain bibit ikan lele, bibit jagung dan sayuran demi mensupport warga agar mandiri dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020