Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyerahkan secara simbolis 1.311 paket sembako bagi warga terdampak pandemi COVID-19 di tiga kecamatan, di penghujung kegiatan rombongan sempat terhalang banjir akibat hujan deras yang terjadi di Desa Sekandis Kecamatan Pamukan Selatan.

Mengawali dari lawatannya ke sejumlah daerah tersebut, bupati dan rombongan menuju Desa Tebing Tinggi Kecamatan Kelumpang Tengah, dengan agenda penyerahan 547 paket sembako yang tersebar di 13 desa, selain itu juga diserahkan BLT (bantuan langsung tunai) kepada sebanyak 446 orang, serta 1 paket APD (alat pelindung diri) untuk Kampung Tangguh desa setempat.

Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Kelumpang Utara Desa Pudi dan memberikan kembali bantuan sembako untuk 7 desa sebanyak 306 paket sembako serta menyerahkan 1 paket APD untuk Kampung Tangguh desa Pudi.

Di tengah perjalanan bupati menyempatkan diri mengunjungi kelompok tani di Desa Pudi Seberang untuk berdialog dengan para petani yang sedang beraktivitas pada sawah percontohan seluas 25 hektare.

Terakhir rombongan menuju Desa Sekandis Kecamatan Pamukan Selatan dan kembali menyerahkan bantuan sembako untuk 11 desa yang berjumlah 468 paket, bersamaan itu orang nomor satu di Bumi Saijaan itu juga menyerahkan 1 unit bantuan ambulan untuk Desa Sakadoyan.

Bupati H Sayed Jafar dalam kesempatan itu berpesan agar bantuan tersebut betul-betul sampai kepada masyarakat memerlukan khususnya yang terdampak panedmo COVID-19. "Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan," harapnya.

Kemudian Bupati kotabaru juga menyampaikan untuk selalu mentaati protokol kesehatan, agar masyarakat selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan terhindar dari COVID-19 yang saat ini sedang melanda di seluruh dunia.

"Ikuti terus protokol kesehatan dan selalu ikuti anjuran pemerintah untuk selalu memakai masker dan menjaga kebersihan diri kita dan keluarga kita, semoga kita selalu sehat wal'afiat," ucapnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Sosial Kotabaru, Nurviza mengatakan, paket sembako ini merupakan program dari Pemkab Kotabaru yang sumber dananya berasal dari anggran APBD.

"Untuk camat dan kepala desa trus kami tekankan agar memberikan bantuan ini tepat sasaran dan harus mengetahui betul masyarakatnya yang benar-benar kurang mampu," ungkapnya.

Ditambahkan Nurviza, diharapkan para camat dan kepala desa agar secepatnya menyelesaikan dan menyerahkan naskah hibah ke dinas sosial, agar proses bantuan nantinya bisa secepatnya disalurkan.

"Nantinya Pemkab Kotabaru akan memberikan bantuan untuk lansia, disabilitas, dan rehab rumah tidak layak huni, oleh karena itu secepatnya diselesaikan segala administrasinya," tambahnya.

Setelah menuntaskan rangkaian kegiatan, rombongan menuju pulang, namun iring-iringan mobil sempat tertahan oleh banjir akibat curah hujan yang tinggi di Desa Sekandis Kecamatan Pamukan Selatan. Dan setelah hujan reda, rombongan dapat melanjutkan perjalanan.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020