Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Tabalong, Polda Kalimantan Selatan Aipda Suroso memiliki kreativitas membuat inovasi memodifikasi kendaraan dinasnya mendukung sosialisasi normal baru dengan audio visual.

 

"Melalui audio visual pada kendaraan dinas roda dua, saya bisa berkeliling menyambangi warga melakukan sosialisasi kapan pun dan dimana pun. Media audio visual tentu bisa lebih dipahami masyarakat dengan tampilan gambar dan suara lebih menarik," terang Suroso, Kamis.

Menurut Bhabinkamtibmas Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong itu, dirinya tergugah ingin berkontibusi lebih dalam mengedukasi warga binaannya tentang upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

 

Sehingga dia rela secara ikhlas menyisihkan sebagian dari gaji yang diterima untuk dibelikan seperangkat peralatan audia visual berupa televisi 22 inc dan bermacam kelengkapannya dari amplifier hingga aki untuk kelistrikan dan pengeras suara.

 

"Tentunya atas seizin istri, saya beli secara bertahap. Sedangkan proses perakitan dibantu warga binaan di wilayah saya mengabdi," tutur polisi yang sebelumnya berdinas di Satuan Brimob Polda Kalsel itu.

Aipda Suroso ketika sosialisasi normal baru menggunakan kendaraan dinas yang telah dimodifikasi. (ANTARAKALSEL/Humaspolrestabalong)


Diakui Suroso, adanya sosialisasi melalui media audio visual pada kendaraan dinasnya disambut antusias warga. Dimana dalam setiap kesempatan, masyarakat selalu berkumpul menyaksikan seluruh video yang ditayangkan hingga selesai. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak.

 

"Saya juga bawa masker dan brosur sosialisasi new normal untuk dibagikan. Jadi jika menemukan ada warga tak menggunakan masker, langsung saya tegur dan dikasih masker untuk dikenakan," timpalnya.

 

Atas berjalannya inovasi yang dia buat, Suroso mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dan Kapolres Tabalong AKBP M Mochdori atas bimbingannya melalui Kapolsek Murung Pudak Iptu Samsu Suargana.

 

"Terima kasih kepada pimpinan yang telah memberikan saya kesempatan mengabdi bagi masyarakat Desa Maburai. Insya Allah desa kami bebas dari COVID-19 berkat kesadaran warganya mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona," pungkasnya.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020