Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selaku Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) HSS, dokter Siti Zainab menyampaikan, situasi terkini COVID-19 di Kabupaten HSS, per Senin (8/6).

Ia mengatakan, ada dua penambahan kasus baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten HSS dari Desa Bago Tanggul, Kecamatan Kalumpang, yakni laki-laki (60) dan perempuan (32) keduanya merupakan warga Desa Bago Tanggul.

"Kedua kasus ini merupakan transmisi lokal dari satu Pasien HBS-44 yang sebelumnya juga telah terkonfirmasi positif dan tengah dalam perawatan ruang isolasi RSUD Brigjend H Hasan Basry, Kandangan," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, Pasien dengan kode HBS-44, merupakan warga Bago Tanggul yang sebelum dilaporkan terkonfirmasi positif setelah melakukan perjalanan ke Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk mengunjungi keluarga dan kemudian dilakukan tes swab diketahui hasilnya positif.

Dengan adanya penambahan dua kasus baru ini, maka kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten HSS menjadi 12 orang, tujuh orang pasien di antaranya masih dalam perawatan, empat orang sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Berdasarkan data terkini, untuk dua belas kasus konfirmasi positif berdasarkan sebaran kecamatan di Kabupaten HSS antaralain, Kecamatan Sungai Raya dengan satu kasus, pasien dalam perawatan.

Kecamatan Daha Utara dengan empat kasus, dua diantaranya dirawat, satu sembuh dan satu orang meninggal, Daha Barat dengan satu kasus dan pasien sudah sembuh.

Daha Selatan dengan dua kasus, satu orang diantaranya masih dirawat dan satu orang sembuh, Kecamatan Kalumpang dengan tiga kasus dan pasien masih dalam perawatan, sementara satu kasus lainnya terkonfirmasi dari Padang Batung, sudah dinyatakan sembuh.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020