Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengatakan, dalam upaya  meringankan beban warga terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19, seluruh program bantuan pemerintah mulai dari pemerintah desa hingga pemerintah pusat di Kabupaten Tanah Laut sudah bisa tersalurkan.

“Bantuan Langsung Tunai Dana Desa menyasar penerima yang selama ini belum mendapat bantuan dari program pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta program bantuan pemerintah lainnya,” ucap Bupati Tanah Laut H Sukamta dalam arahannya saat menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), di Desa Telaga Kecamatan Pelaihari, Selasa (2/6).

Bupati mengimbau,  warga agar kedepannya dalam melaksanakan hidup normal selalu mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin pendukung, menggunakan masker, menjaga jarak dikeramaian serta menjalankan pola hidup sehat lainnya.

Bahkan, sebut dia, yang juga tidak kalah penting menghindari kontak langsung dengan tidak bersalam salaman dulu sampai pandemi COVID-19 menunjukkan arah yang memberi nilai positif terhadap kehidupan.

“Dengan tidak bersalam salaman bukan berarti mengurangi rasa hormat kita sesama manusia, berikan salam hormat dengan cara yang berbeda agar silaturahmi kita tetap terjaga,” imbau Kamta.

Dijelaskannya, sesuai kebijakan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, BLT yang berasal dari dana desa disalurkan pada April hingga Juni 2020, yakni sebesar Rp600 ribu per bulan, dengan begitu setiap warga penerima akan memperoleh Rp1,8 juta untuk tiga bulan.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sukamta didampingi Camat Pelaihari, Pimpinan Bank Mandiri Cabang Pelaihari serta Kepala Desa Telaga kepada tiga orang perwakilan penerima dari desa tersebut dan akan disalurkan kepada seluruh penerima melalui Bank Mandiri Cabang Pelaihari.

Diketahui ada 143 warga telah diusulkan untuk menerima BLT-DD oleh Pemerintah Desa Telaga, namun hanya 141 warga penerima yang akan menerima bantuan tersebut, hal itu disebabkan sejumlah dua warga yang masuk dalam usulan menolak untuk menerima bantuan tersebut.
Bupati Tanah Laut H Sukamta menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), di Desa Telaga Kecamatan Pelaihari, Selasa (2/6).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020