Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi 362 KK dari Desa Oka-Oka dan Desa Pulau Kerasian Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Sabtu.

Penyerahan secara simbolis kepada 20 orang perwakilan bertempat di Aula Kantor Camat Pulau Laut Kepulauan, yang dihadiri Ketua TP PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana, sejumlah kepala dinas, anggota DPRD setempat, camat dan undangan tetap menggunakan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan selalu mengenakan masker.

Bupati mengatakan, BLT-DD ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Dana Desa yang diperuntukkan membantu masyarakat yang tedampak musibah pandemi COVID-19.

"Ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah untuk meringankan beban masyarakat ditengah pandemi COVID-19 saat ini, gunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya,"pesan bupati.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan itu juga menghimbau kepada warga agar selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan diri dan lingkungan serta jangan lupa selalu menggunakan masker kemanapun saat beraktivitas diluar rumah.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kotabaru, Hariansyah menyampaikan bantuan ini sesuai arahan dan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 3 tahun 2020 Tentang Penanganan COVID-19 Melalui APBDes dan peraturan Menkeu nomor 50 tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua atas PMK No. 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Dijelaskannya, nilai dari BLT-DD ini sebesar Rp600 ribu untuk 3 bulan pertama dan untuk 3 bulan selanjutnya nilainya akan menurun sebesar Rp300 ribu.

"Kepada Camat dan khususnya Kepala Desa yang belum menyelesaikan administrasi untuk pencairan agar segera diselesaikan, sehingga bantuan ini cepat selesai dan sesegera mungkin untuk disalurkan, lebih cepat lebih baik," harapnya.

Disela acara Bupati Kotabaru mengunjungi Posko COVID-19 yang ada di Kecamatan Pulau Laut Kepulauan dan berdialog sekaligus memberikan semangat kepada petugas jaga di posko tersebut.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020