Pemerintah daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. membagikan 12.193 paket bahan pokok (sembako) yang dialokasikan dari APBD sebesar Rp2,8 miliar bagi masyarakat terdampak COVID-19 tersebar di 22 kecamatan dan 202 desa/ kelurahan.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar dan Ketua DPRD Syairi Mukhlis yang kemudian diikuti unsur Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) terdiri Kapolres, Danlanal, Dandim 1004 Kotabaru dan Kajari Kotabaru.

H Sayed Jafar mengatakan, bantuan yang diserahkan secara simbolis kepada dua camat yang diperuntukkan kepada masyarakat di Kecamatan Pulau Laut Sigam dan Pulau Laut Utara sebanyak 2.533 paket.

"Hari ini kita akan menyerahkan paket sembako kepada 11 desa di kecamatan pulau laut sigam yang berjumlah 1.370 paket, dan untuk Pulau Laut Utara sebanyak 1.021 paket di 10 desa," katanya.

Menurutnya, untuk menghindari tumpang tindihnya pembagian sembako, pemerintah daerah berusaha untuk selektif dalam pendataan, selain itu diharapkan kesadaran masyarakat agar yang mampu atau sudah mendapatkan bantuan untuk menyerahkannya kepada yang belum mendapatkan.

Selain kepada warga yang kurang mampu, paket sembako juga diperuntukkan kepada petugas kebersihan sebanyak 94 dan para pelaku usaha kecil di sektor pariwisata sebanyak 48 orang.

Sementara Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis berharap agar bantuan sembako ini pendistribusiannya benar-benar tepat sasaran yakni kepada warga yang memerlukan, khususnya yang terdampak pandemi COVID-19.

Bantuan yang dianggarkan dari APBD tersebut memang harus diperuntukkan bagi masyaraat Kabupaten Kotabaru, dalam membantu meringankan beban yang kini dirasakan masyarakat akibat wabah pandemi virus corona.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020