Barabai, (Antaranews.Kalsel) - Sebanyak 235 orang santri Pondok Pesantren Salafiah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan yang dipusatkan pada tiga lokasi.

Kepala Seksi Pendidikan Pondok Pesantren Rahmaniah di Barabai, Minggu, mengatakan, untuk di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terdapat beberapa pondok pesantren, namun yang mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) baru tujuh pondok pesantren.

"Mereka berasal dari tujuh Ponpes yang ikut UNPK atau juga disebutkan dengan program paket C," katanya.

Adapun pelaksanaannya, tambah dia, bersamaan dengan pelaksanaan UN Tingkat SLTA sederajat 14  16 April 2014, yang dilaksanakan di tiga tempat yaitu SMPN 1 dan 2 Barabai serta di SMPN 1 Labuan Amas Selatan.

Menurut Rahmaniah, masing-masing peserta UNPK tersebut adalah dari Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Barabai sebanyak 70 orang, dari Nurul Mukarramah sebanyak 41 orang dan dari Nurul Islam 21 orang.

Selain itu, dari Pondok Pesantrenb Tahfizhul Quran As-Sunnah 25 orang, Hayatul Ulum 24 orang, Nurul Muhibbin Ilung sebelas orang, dan Ibnul Amin Pemangkih 43 orang.

"Al hamdulilah pelaksanaannya berjalan cukup lancar, dan pengawas kelas dilakukan dari guru masing-masing, pondok pesantren penyelenggara secara silang," katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Fajriannor Subhi mengungkapkan bahwa dari pantauannya, pelaksanaan UNPK di HST sangat bagus sesuai prosedur dan berjalan lancar.

Sebelumnya, Bupati HST H. Harun Nurasid , saat melakukan peninjauan pelaksanaan UN pada hari pertama, mengingatkan peserta UN agar tidak lupa berdoa untuk memohon hasil yang terbaik.

"Kami mengharapkan agar anak-anak kami peserta ujian tetap mengikuti ujian nasional dengan penuh semangat. Dan tentunya selain belajar dengan giat dan berusaha dengan kemampuan terbaik, berdoa menjadi pelengkap dari usaha keras yang dilakukan selama ini untuk mencapai hasil yang diharapkan." ujarnya.

Pelaksanaan ujian nasional di HST untuk tingkat SMA, SMK dan Madrasah Aliyah diadakan pada tanggal 14 sampai dengan 16 April 2014, dengan jumlah peserta sebanyak 2705 orang.

Sedangkan tingkat SMP dan MTs, ujian nasional akan diadakan pada tanggal 5 Mei sampai 8 Mei 2014, dengan jumlah keseluruhan peserta UN sebanyak 3616 orang dan peserta ujian nasional tingkat SD dan MI berjumlah 4916 orang siswa.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014