Menindak lanjuti laporan masyarakat terkait rusaknya jalan dan jembatan di areal fly over di Desa Murung Ilung Kecamatan Paringin, Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan peninjauan ke lokasi. Selasa (26/05).

Bersama para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, sekaligus memanggil pihak perusahaan untuk mencari solusi terkait jalan yang sudah rusak berbulan-bulan tanpa penanganan tersebut. 

Diketahui Jembatan di Desa Murung Ilung ini di bangun oleh PT. Balangan Coal, yang merupakan anak perusahaan PT Adaro Indonesia, pada tahun 2015 di ruas jalan Provinsi di Kecamatan Paringin menuju Kecamatan Halong dan sebelumnya untuk pemeliharaannya menjadi tanggungan pihak perusahaan.

Dinas PUPR bersama DPRD Balangan dan pihak perusahaan langsung meninjau kondisi jalan dan membicarakan solusi perbaikan jalan dan jembatan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Balangan, ir Tuhalus menyatakan, Peninjauan ini merupakan tindak lanjut keluhan masyarakat terhadap rusaknya jembatan yang dibangun oleh perusahaan PT Balangan Coal, di areal persimpangan ke jalur menuju aktivitas perusahaan.

"Alhamdulillah respon dari pihak perusahaan menyatakan akan segera melakukan perbaikan sementara agar tidak membahayakan pengguna jalan, dan kita bersama DPRD Balangan akan membantu dalam pengusulan perbaikan selanjutnya ke pihak provinsi," terangnya.

Jembatan ini, lanjut Tuhalus, memang masih masuk wewenang provinsi, dan pihaknya akan segera membuat surat usulan ke pihak Provinsi Kalsel untuk perbaikan jalan dan jembatan dewa murung ilung tersebut.

"kita akan mempercepat surat usulan perbaikan jembatan ini kepada pihak provinsi yang sementara dikomunikasi melalui via telpon mengingat pembatasan status Darurat Covid 19 ini," Terangnya lagi.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020