Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Razia gabungan Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin mengamankan puluhan gelandang dan pengemis (Gepeng) yang berkeliaran di kota tersebut.

Kepala Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin, Kompol Haryono MT di Banjarmasin, Kamis mengatakan, razia tersebut dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat terhadap kehadiran para gepeng.

Dengan adanya keluhan tersebut, petugas bersepakat untuk melakukan razia pada Rabu (16) malam sekitar pukul 23.30 wita dengan sasarn taman terbuka hijau atau sering disebut taman Kamboja Banjarmasin Tengah.

Dalam razia itu, sedikit sekitar 31 gepeng yang berhasil diamankan oleh Unit Patroli Kota Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin, bersama Satpol PP dengan melakukan pengepungan di taman tersebut.

"Kita lakukan razia ini karena pihak Satpol PP meminta polisi melakukan back up agar tidak terjadi apa-apa dalam razia itu, dan razia itu telah mengamankan 31 gepeng," terangnya kepada Antara.

Haryono mengatakan, semua hasil tangkapan terhadap para gepeng itu diserahkan kepada pihak Satpol PP Kota Banjarmasin untuk tindak lanjut proses hukum.

Kemungkinan razia gabungan ini akan secara rutin dilaksanakan dan ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan warga kota seribu sungai ini dari ganguan para gepeng.

Selain itu juga, selain melakukan penertiban terhadap gepeng, razia itu juga nantinya akan mengarah untuk menertiban para pasangan mesum yang sering nginap di kamar hotel tanpa ikatan yang sah.

Bukan itu saja, polisi menyambut baik dengan adanya razia gabungan ini, karena bisa menjalin keakraban sesama petugas di lapangan dan bisa saling bekerjasama dalam situasi apapun nantinya.

"Sasaran razia tersebut memang dikhususkan untuk menertibkan para gepeng, dan kemungkinan para gepeng yang tertangkap dan diamankan itu, oleh Satpol PP akan dipulangkan kedaerah asalanya," terang pria berkumis tipis itu.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014