Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyambut kunjungan kerja dari Tim Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam rangka pengawasan dan evaluasi penanganan virus, bertempat di Pendopo Kabupaten HSS.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel, H. Abdul Harris Makkie, di Kandangan, Senin (25/5), mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dalam penangangan virus terus menambah jumlah alat test, untuk meningkatkan jumlah hasil test yang bisa dilakukan, sehingga data bisa diperoleh lebih cepat dan realtime.

"Kami mengapresiasi kinerja yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dalam penanganan COVID-19, dan agar kasus COVID-19 di HSS akan terus berkurang, sehingga keadaan akan kembali menjadi normal. Salah satu caranya adalah merubah pola pikir untuk mengikuti protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Ikuti imbauan MUI HSS, Pemkab takbiran di pendopo kabupaten

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan kondisi HSS saat ini dengan jumlah enam orang terkonfirmasi positif COVID-19, empat diantaranya sembuh, satu orang dalam masih dalam perawatan dan satu orang meninggal dunia.

Dijelaskan dia, tim dari HSS terus berupaya untuk melakukan penelusuran orang-orang yang tertular virus Corona, dengan melaksanakan rapid test di beberapa pasar yang ada di wilayah HSS.

Serta, melakukan pengawasan dan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker saat keluar rumah, penerapan pola hidup bersih dan sehat, mencuci tangan dengan sabun, makan makanan bergizi dan sering berolahraga, juga dapat membantu meningkatkan imunitas sehingga lebih susah terserang penyakit.

Baca juga: Pejabat di HSS diminta awasi pemakaian masker dan jaga jarak di pasar

"Kita harus tetap waspada dan ikhtiar harus dilakukan, semangat kita dengan pula mengharapkan pertolongan dari Allah SWT," katanya, saat menyambut kedatangan tim gugus tugas provinsi.

Ditambahkan dia, tim gugus tugas provinsi memberikan semangat dan dorongan kepada kabupaten dan kota untuk lebih meningkatkan fungsi-fungsi inovasi kepada masyarakat, puskesmas sebagai ujung tombak juga telah gencar melaksanakan promosi kesehatan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad beserta unsur Forkopimda HSS, Sekda HSS H. Muhammad Noor, Kepala Dinas Kesehatan Kab.HSS Hj. Siti Zaenab, beserta kepala SKPD terkait, Direktur RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan Hj. Rasyidah, camat serta rombongan tim gugus tugas provinsi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020