Oleh Hasan Zainuddin

Banjarmasin, (Antaranews.Kalsel)- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, segera membangun Jalan Veteran di kota tersebut menjadi kawasan indah karena akan menjadi dua jalur dan dibelah sungai atau sungai sebagai median jalan.

Kepala Bagian Tapem pada Setdakot Banjarmasin Iwan Ristianto kepada wartawan di Banjarmasin, Senin mengatakan, untuk menciptakan hal tersebut diperluakan pengorbanan Pemkot Banjarmasin yakni dengan melakukan pembebasan sisa bangunan di kawasan tersebut.

Dana yang disiapkan untuk keperluan tersebut sebesar Rp 4,5 miliar dari APBD 2014 murni, katanya seraya menyebutkan hal tersebut sebagai pembebasan lanjutan dari pembebasan sebelumnya, karena masih ada sebanyak 43 bangunan yang belum dilakukan pembebasan.

Ia menargetkan, pembebasan lahan itu bisa diselesaikan tahun 2014 ini, dan saat ini kesepakatan harga dengan pemilik bangunan masih dibicarakan.

Iwan berharap, pembicaraan sekaligus harga itu bisa tercapai kata sepakat dengan pemilik bangunan, sehingga pembebasan lahan bisa segera dilakukan.

Sebelumnya Wali Kota Banjarmasin H Muhidin memastikan konsep pembangunan jalan dibelah sungai itu akan segera terwujud, karena sudah mendapat lampu hijau dari Pemprov Kalsel.

Rencananya, kata dia, sungai tersebut seluas enam meter dan dalamnya hingga tiga meter, banguan yang ada di kiri-kanan jalan veteran tersebut akan dibebaskan.

Berdasarkan keterangan Pemkot Banjarmasin hanya menanggung biaya pembebasan, sedangkan untuk pengerukan perluasan sungai dan jalan ditanggung Pemprov Kalsel serta Kementerian PU.

Ke depan, lanjutnya tidak ada lagi jembatan yang menggantung di sepanjang Jalan Veteran tersebut, kecuali jembatan yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki.

Sebelum pembangunan itu dilakukan, wali kota masih memberi toleransi dan izin bagi warga yang mendirikan jembatan di atas bantaran Sungai Veteran, tapi sifatnya hanya sementara, karena akan dibongkar kalau pembangunan jalan dibelah sungai dilakukan.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014