Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan SIK MM meminta masyarakat untuk bisa merayakan kemenangan Lebaran Idul Fitri dengan tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19.

"Mohon kepada masyarakat patuhi anjuran pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia agar tetap di rumah di saat hari Lebaran," kata Rachmat, Sabtu.

Seperti diketahui, hari Lebaran akan diisi Shalat Ied yang biasanya dilaksanakan umat Islam di masjid atau lapangan terbuka.

Namun di saat pandemi COVID-19, diharapkan masyarakat tak melaksanakan Shalat Idul Fitri secara berjamaah di tempat ibadah atau tempat terbuka lainnya.

"Karena dikhawatirkan terjadi penyebaran virus corona jika ada kerumunan orang seperti shalat berjamaah. Sebaiknya Shalat Ied di rumah saja berjamaah dengan anggota keluarga," ucap Kapolresta.

Begitu pula saat malam takbiran sehari sebelum Lebaran, Rachmat mengingatkan masyarakat tak ada menggelar takbiran keliling jalan.

"Silahkan takbiran dari masjid dan mushalla saja melalui pengeras suara. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan penggunaan masker," jelasnya.

Apalagi saat ini Kota Banjarmasin memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid 3, yang mana diharapkan dapat berjalan lebih efektif memutus rantai penyebaran COVID-19.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020