Oleh Herlina

Paringin,  (Antaranews.Kalsel) - Dua siswi Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) 2013/2014 tingkat Sekolah Menengah Atas dan sederajat yang dimulai hari ini, 14 April 2014.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan setempat, Eddy Yulianto di Paringin, ibu kota Balangan, Senin, dua orang siswi tersebut berasal dari MAN 1 Paringin dan MAN Lampihong.

"Keduanya tidak mengikuti UN karena alasan yang sama, yaitu hendak menikah, meskipun sebenarnya sudah terdaftar sebagai peserta UN," ujarnya.

Keputusan kedua siswi tersebut sangat disayangkan, namun pihak Disdik tidak bisa berbuat banyak karena mereka tetap pada keputusannya untuk tidak mengikuti UN.

"Dalam hal ini, Disdik hanya bisa memberikan jalan keluar kepada keduanya dengan mendaftarkan untuk mengikuti Paket C," katanya.

Pelaksanaan UN pada hari pertama tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti, baik pendistribusian soal ujian maupun hal lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati setempat, H Ansharuddin, melakukan monitoring pelaksanaan UN dengan turun langsung mengunjungi sekolah-sekolah penyelenggara.

"Semoga pelaksanaan UN kali ini berlangsung lancar sampai akhir, tidak seperti tahun lalu yang terdapat beberapa kendala sehingga membingungkan siswa," katanya.

Ia juga berharap, kelancaran pelaksanaan UN dibarengi dengan kesiapan para siswa dalam menjawab soal-soal ujian yang diberikan.

Pelaksanaan UN 2013/2014 tingkat SMA sederajat di Balangan kali ini di ikuti oleh 2.395 siswa.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014