Program Kolaborasi Banjarmasin yang digagas Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah untuk mengatasi masalah sosial selama musim pandemi COVID-19 berhasil.

Hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya individu dan organisasi yang ikut bergabung dalam program tersebut. Bahkan, bantuan dana dari masyarakat untuk meringankan keperluan masyarakat yang membutuhkanpun mengalir cukup banyak.

Dari laporan Hj Siti Wasilah, sejak program tersebut dibentuk, total bantuan dana yang diterima sebanyak Rp1,7 miliar. Dana tersebut, jelasnya, disalurkan untuk membantu masyarakat, terutama untuk menghadapi Bulan Ramadan 1441 hijriah ini.

 “Salah satu kegiatan utama yang dilakukan yaitu memenuhi kebutuhan makanan harian untuk berbuka puasa, dan kita memilih lokasi yang termasuk dalam kategori kumuh berat dan kumuh sedang, “ ujarnya, saat kegiatan Daring Online bersama para pengurus Program Kolaborasi Banjarmasin, di Command Center Pemko Banjarmasin, Jumat

Program Kolaborasi Banjarmasin yang digagas Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah untuk mengatasi masalah sosial selama musim pandemic Covid-19. (Antaranews Kalsel/Prokom/Hasan Z)

Dengan adanya program kolaborasi ini, katanya lagi,masyarakat yang bermukim di wilayah kumuh dan terdampak wabah virus Covid-19 dapat terbantu. “Saya sangat bersyukur bahwa kolaborasi ini mewujudkan spirit bersama untuk kita bahu membahu memberikan yang bisa kita berikan, walaupun cuma sedikit,” katanya

Apalagi, lanjutnya, beberapa warga di kota ini bisa menjadi kolaborator dan inisiator dalam program Kolaborasi Banjarmasin, satu diantaranya adalah kegiatan Dapur Umum Ramadhan Damai yang berlokasi di Gang Damai, Keluarahan Sungai Baru. “Kita melihat contoh yang baik di sana, karena dapur umum itu inisiatif warga, dikerjakan oleh warga, lalu di distribusikan oleh warga, akhirnya apa yang harapan kita mengurangi kerumunan masa,” ucapnya.

Istri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina ini berharap, lokasi dapur umum yang telah diinisiasi dan tersebar diseluruh kelurahan, di 5 kecamatan se Kota Banjarmasin, setelah Bulan Ramadan ini tetap terdorong bergerak bersama-sama, mendorong swadayaan masyarakat untuk saling bantu warga setempat yang membutuhkan.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020