Polda Kalimantan Selatan mengandalkan aplikasi Bekantan untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau tahun ini.

"Saya apresiasi aplikasi Bekantan milik Direktorat Reserse Kriminal Khusus dan diharapkan banyak pihak bisa memanfaatkannya," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta di Banjarmasin, Selasa.

Kapolda pun meminta jajarannya dapat terus menyosialisasikan keberadaan aplikasi Bekantan sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara nyata.

"Kembangkan terus fitur-fiturnya menyikapi tantangan tugas kini dan ke depan agar manfaatnya benar-benar dibutuhkan masyarakat," kata jenderal polisi bintang dua itu.

Penanganan karhutla sendiri menjadi salah satu program prioritas Nico untuk bisa dicegah hingga ditanggulangi secara maksimal.

Selain upaya preemtif dan preventif, kata dia, penegakan hukum yang tegas bakal dilakukan terhadap pelaku pembakar lahan yang terbukti merusak lingkungan hingga menyebabkan kabut asap yang terdampak ke semua sektor kehidupan.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta sharing diskusi bersama jajaran Ditreskrimsus. (ANTARA/Firman)


Nico yang didampingi Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Aneka Pristafuddin mengunjungi kantor Ditreskrimsus Polda Kalsel dalam rangka sharing dan diskusi sebagai Kapolda baru. Disambut Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Pol Masrur, Nico juga melihat Bekantan Command Center.

Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Kalsel AKBP Endang Agustina memaparkan, Bekantan merupakan singkatan dari "Berantas kebakaran hutan dan lahan". Penamaan Bekantan merujuk pada primata asli Borneo sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan. Diharapkan, dengan aplikasi bernama Bekantan jadi lebih familiar untuk masyarakat Kalimantan Selatan dan menjadi daya tarik untuk menggunakannya dalam upaya mencegah dan memberantas karhutla secara bersama-sama.

Melalui aplikasi Bekantan, dipastikan seluruh anggota polisi selalu aktif dan siaga melakukan pencegahan karhutla. Karena personel seketika mendapatkan notifikasi jika ada laporan di wilayahnya terjadi karhutla.

Beragam fitur juga bisa dimanfaatkan pengguna Bekantan. Selain memberikan laporan adanya karhutla, masyarakat juga dapat melihat hotspot atau titik panas secara realtime karena Polda Kalsel bekerja sama dengan LAPAN.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020