Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Damanhuri Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kepala Dinas ESDM Kalsel Isharwanto usai menyerahkan bantuan di Kantor ESDM Banjarbaru Rabu mengatakan, bantuan tersebut berupa baju pelindung diri, masker bedah, masker kain dan sepatu untuk kegiatan operasi.

Isharwanto mengungkapkan, bantuan tersebut hasil kerja sama antara Dinas ESDM dan Forum Kepala Teknik Tambang dan Forum Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat.

"Jadi kami mengkoordinir bantuan dari beberapa perusahaan tersebut, untuk diserahkan kepada rumah sakit yang ada di Kalsel," katanya.

Selain di RS Damanhuri, bantuan juga telah disalurkan ke beberapa daerah lainnya, seperti ke Barito Kuala (Batola), Kabupaten Banjar, Banjabaru dan Tanah Laut.

"Yang kita serahkan sudah sangat banyak, bisa mencapai ribuan. Selain APD kamu juga menyerahkan tandon air, juga paket sembako," katanya.

Penyerahan bantuan, khususnya diberikan untuk daerah yang dekat dengan kota Banjarmasin, karena beberapa daerah lain, seperti Kabupaten Tabalong, udah banyak perusahaan yang memberikan bantuan.

Menurut Isharwantio, bantuan tersebut, sebagai salah satu perhatian dan dukungan ESDM serta terkait lainnya, kepada tim kesehatan yang selama ini telah berjuang membantu mengatasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kalsel.

Kepala Bidang Pelayanan Medik Rumah Sakit H Dhamanhuri (RSHD) Barabai,dr Dessy Zuanita usai menerima bantuan mengatakan, donasi tersebut sangat membantu kegiatan tim medis.

Bantuan masker teruma masker bedah dan N95, sangat diperlukan, karena kedua jenis masker tersebut sangat sulit didapatkan di pasaran.

"Keberadaan kedua masker tersebut sulit didapatkan di pasaran, sehingga donasi seperti ini, sangat membantu kami," katanya.

Desi mengatakan, cukup banyak dari berbagai profesi maupun masyarakat yang menyalurkan bantuan APD ke rumah sakit, namun demikian hal itu masih belum mencukupi.

"Saya yakin dengan bantuan ini, tim medis akan bekerja lebih standard di RS Damanhuri. Trimakasih banyak saya sampaikan kepada Dinas ESDM," katanya.

 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020