Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kalimantan Selatan (Kalsel) terjaga kondusif di bawah komando Irjen Pol Yazid Fanani sebagai Kapolda selama 21 bulan terakhir.

Hal itu disampaikan sejumlah tokoh masyarakat Banua di Bumi Lambung Mangkurat Kalsel menilai kinerja sang Kapolda yang segera berganti.

"Alhamdulilah kami sangat berterima kasih kepada bapak Yazid Fanani atas dedikasinya mengamankan daerah ini hingga tentram dan damai," ucap 
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalsel KH Husin Nafarin di Banjarmasin, Rabu.

Senada disampaikan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel Abdul Haris Makkie yang mengatakan jika Irjen Pol Yazid Fanani telah berhasil menunaikan tugasnya yang bertanggung jawab mengamankan daerah.

"Hampir tidak ada kejadian menonjol yang menjurus pada terganggunya kamtibmas, apalagi perpecahan umat. Alhamdulilah, daerah relatif kondusif di bawah komando saudara Yazid Fanani. Kami sebagai masyarakat sekaligus perwakilan pemerintah provinsi sangat mengapresiasi kerja beliau selama menjadi Kapolda," tutur Haris Makkie yang juga menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Yazid mengambil apel terakhir sekaligus perpisahannya pada Rabu pagi di halaman Mapolda Kalsel. Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah bekerja keras dalam menjaga situasi kamtibmas di bawah komandonya.

Jenderal polisi bintang dua itu juga berpesan agar personel tetap menjadi anggota Polri yang hebat dengan melaksanakan tugas kinerja penuh keikhlasan serta menjadi polisi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kapolda boleh saja berganti tetapi upaya mengikhtiarkan situasi kamtibmas terjaga kondusif dan dinamis ini harus tetap berjalan. Dukung Pak Nico sebagaimana kalian selama ini mendukung saya," pesannya dengan nada sendu dan mata berkaca-kaca menahan haru.
Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Aneka Pristafuddin menyerahkan cinderamata kepada Irjen Pol Yazid Fanani yang segera berangkat ke Jakarta mengikuti sertijab di Mabes Polri. (ANTARA/Firman)


Kepada masyarakat, tak lupa Yazid menyampaikan permohonan maaf jika selama bertugas ada kesalahan yang menyakiti hati masyarakat.

"Saya berterima kasih kepada warga Banua atas peran sertanya menjaga kesejukan daerah ini. Saya mohon pamit dan semoga silaturahmi dapat terus berjalan," tandasnya.

Irjen Pol Yazid Fanani selanjutnya menjabat sebagai Kepala STIK Lemdikpol. Sedangkan penggantinya Irjen Pol Nico Afinta melepas posisi sebagai Sahlisospol Kapolri.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020