Pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan bertambah lagi satu orang. 

Kali ini pasiennya berasal dari Kecamatan Anjir Pasar dengan diberi kode Btl-35. 

Dengan penambahan pasien tersebut, maka hingga Kamis (30/4),  pasien terkonfirmasi positif Batola berjumlah 35 orang. 

“Satu orang pasien positif COVID-19 kali ini berasal dari wilayah Anjir Pasar berjenis kelamin wanita berusia 38 tahun,” ucap Juru Bicara (Jubir) Tanggap Darurat COVID-19 Batola, Hj Azizah Sri Widari, di Marabahan, Kamis (30/4). 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu membeberkan, diketahuinya penambahan satu pasien positif tersebut setelah dilakukan pemeriksaan PCR di BTKL Banjarbaru atas empat orang pasien.

“Dari pemeriksaan yang dilakukan diperoleh hasil satu orang positif dan tiga lainnya negatif,”paparnya. 

Azizah mengutarakan, pasien positif dari Anjir Muara  memiliki riwatat pernah melakukan kontak erat dengan dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. 

“Saat ini yang bersangkutan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah dan secepatnya akan dirujuk ke RSUD Abdul Aziz Marabahan,” pungkasnya. 

Sementara itu, berdasarkan pemantauan, perkembangan COVID-19 Batola, Kamis (30/4),  hingga pukul 11.00 Wita total terkonfirmasi positif Batola mencapai 35 orang yang terdiri dari 32 orang dirawat, baru satu orang, dan dua sembuh.  

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), terang dia, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 17 orang masing-masing berasal dari Kecamatan Marabahan 10 orang, Tabunganen dua orang, Bantuil (Cerbon) satu orang, Anjir Pasar satu orang, Anjir Muara satu orang, Semangat Dalam (Alalak) satu orang, dan Jelapat (Tamban) satu orang. 

Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG), ungkap dia, berjumlah 71 orang masing-masing berasal dari Alalak 21 orang, Mandastana 15 (baru 10 orang, lama lima orang), Wanaraya 10, Barambai 10, Rantau Badauh tujuh orang, Bantuil lima orang, Anjir Pasar dua orang, dan Tabunganen satu orang. 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020