Amuntai, Kalsel (Antaranews Kalsel) - Partai politik peserta Pemilu Legislatif (Pileg) di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, bersama-sama membacakan dan menandatangani ikrar untuk menciptakan pemilu damai.
Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid, Selasa mengharapkan, semua partai pilitik peserta Pemilu Legislatif (Pileg) bisa saling menghargai, terkait upaya masing-masing calon legislatif dalam mencari dukungan suara.

"Wajar jika masing-masing peserta pemilu berupaya mencari dukungan suara dengan sebanyak-banyaknya, namun tetap harus saling menghargai," pinta Wahid, melalui siaran persnya.

Wahid menghimbau agar semua pihak menghindari upaya-upaya provokatif yang bisa menjurus kearah tindakan anarkis dan perpecahan.

"Kita bersyukur penyelenggaran pemilu di tahun-tahun sebelumnya di daerah kita berlangsung damai, namun sumber-sumber kerawanan selalu ada dan bisa menciptakan konflik apabila ada yang memicunya," ujarnya.

Bupati meminta tanggungjawab masing-masing pimpinan parpol agar terus membangun komunikasi yang sehat antarparpol guna membangun kedewasaan berpolitik.

"Meski visi dan misi parpol saling berbeda namun tujuan yang ingin dicapai semua parpol sama yakni membangun banua tercinta," tegasnya.

Ia berharap semua pihak bisa menghindari sikap dan tindakan provokatif dan menyelesaikaan setiap permasalahan dengan cara damai atau musyawarah.

Menurut Wahid, setiap muncul permasalahan harus secepatnya diselesaikan tidak larut dan semakin berkembang.

Pihak KPU maupun Panwaslu, katanya harus mampu membantu memfasilitasi setiap permasalahan yang muncul dan mencarikan jalan keluar guna memecahakan masalah.

Wahid juga mengingatkan agar peserta Pemilu dapat berjiwa besar apabila pada pemilu nanti belum meraih kemenangan.

Sementara Kapolres HSU AKBP Didik Mulyanto mengatakan kesadaran untuk menciptakan pemilu yang damai maka bisa memunculkan kerawanan dan konflik.

  "Tugas menjaga ketentraman dan keamanan tidak hanya tanggung jawab atau tugas polri malainkan tanggung jawab bersama" tegasnya.   

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014