Polres Barito Kuala, Polda Kalimantan Selatan menggelorakan kegiatan berbagi sembako kepada sesama sembari meminta masyarakat tidak mudik di tengah pandemi virus corona yang masih mengancam kesehatan.

"Kami harapkan masyarakat dapat mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak mudik jelang Lebaran nanti. Tetaplah di rumah sampai virus corona ini berlalu," kata Kapolres Barito Kuala AKBP Bagus Suseno di Marabahan, Rabu.

Diakui dia, meminta warga tetap di rumah cukup sulit khususnya bagi mereka yang harus tetap bekerja di luar mencari nafkah untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Untuk itulah, dengan menyisihkan sedikit kelebihan rezeki guna membantu sesama, maka Bagus berharap masyarakat dari kalangan kurang mampu dapat lebih memahami kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

"Kalau tercukupi kebutuhan dasarnya, saya yakin masyarakat lebih peduli dengan berperan serta memutus mata rantai penyebaran virus corona yaitu berdiam di rumah," tuturnya.

Khusus bagi warga yang tinggal di perkampungan dan pelosok desa, Bagus pun meminta agar tidak bepergian ke kota untuk sementara waktu.
Ketua Bhayangkari Cabang Barito Kuala Henny Bagus Suseno membagikan sembako kepada petugas garda terdepan cegah dan tangkal Covid-19 di Pos Perbatasan. (ANTARAKALSEL/Firman)


Dimana wilayah perkotaan saat ini sangat rawan terjadinya penyebaran virus corona berdasarkan data kasus pasien positif Covid-19, sehingga dikhawatirkan jika warga bepergian ke luar kota dapat terpapar.

"Jadi cara paling aman untuk tidak terpapar virus corona adalah mengurangi aktivitas di luar rumah, jaga kebersihan tangan dan menggunakan masker jika harus bepergian," tandasnya.

Sementara dalam pembagian paket sembako yang digagas Kapolres Barito Kuala bersama Ketua Bhayangkari Cabang Barito Kuala Henny Bagus Suseno, selain menyasar masyarakat kurang mampu seperti tukang becak, driver ojek dan nelayan, petugas garda terdepan seperti penjaga Pos Gugus Tugas perbatasan di Kecamatan Bakumpai hingga petugas medis RSUD Abdul Azis Marabahan juga diberikan bingkisan serupa.

"Ini bentuk perhatian dan dukungan kami kepada para petugas garda terdepan dalam melaksanakan tugas cegah tangkal dan penanganan Covid-19," timpal Henny Bagus Suseno.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020