Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Isa Anshori, menyampaikan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten HSS terbanyak di Kecamatan Daha Selatan, sebanyak 34 orang.

Ia mengatakan, terbanyak kedua di Kecamatan Kandangan dengan 27 orang, Daha Utara 22 orang, sedangkan untuk kecamatan yang paling sedikit ODPnya di Daha Barat dengan nol OPD.

"Hingga Per tanggal 6/4, pukul 17.00 wita, dapat di Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten HSS, data yang masuk ada 114 orang ODP, dan dalam proses pemantauan 62 orang, terkonfirmasi positif nol, sembuh nol dan meninggal nol," katanya, dalam siaran pers, Senin (6/4) sore.

Baca juga: Hasil Rapid Test dua ODP di HSS negatif

Dijelaskan dia, terjadi penurunan jumlah ODP per tanggal 5/4 pukul 06.00 wita pagi tadi, karena ada selesai pemantauan untuk 47 ODP, dan anggota gugus tugas juga terus menyampaikan himbauan untuk pencegahan penularan Covid-19.

Imbauan tersebut, antaralain agar masyarakat HSS bila berada di luar rumah selalu memakai masker, terutama para pedagang di pasar waktu berjualan karena bila tidak memakai masker akan beresiko besar untuk tertular maupun menularkan virus.

Menerapkan sosial distancing dengan selalu menjaga jarak satu hingga dua meter, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir selama dua puluh detik, dan sebagai antisipasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS juga telah menyiapkan lokasi pemakanan khusus.

Baca juga: Setda HSS peduli melawan COVID-19 dengan bagi masker gratis

"Lokasi pemakaman sesuai dengan standar kesehatan dan ini ditujukan apabila ada warga meninggal karena positif Covid-19," katanya, yang juga merupakan dokter spesialis paru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry Kandangan.

Ditambahkan dia, hari ini juga sebagai anggota gugus tugas memberikan arahan kepada masyarakat yang akan mengadakan kegiatan haulan besar dan mengumpulkan orang banyak, besok, Selasa (7/4) dan setelah dilakukan negoisasi maka masyarakat bersedia membatalkan dan hanya membagikan makanan kepada para tetangga.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020