Polresta Banjarmasin membekali anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dengan baju Alat Pelindung Diri (APD) dalam pencegahan penyebaran virus corona saat mereka melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"APD ini sebagai upaya melindungi diri personel, karena para Bhabinkamtibmas ini terdepan di setiap permasalahan di masing-masing wilayah tugasnya," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan di Banjarmasin, Sabtu.

Dikatakannya, baju khusus pelindung diri yang dinamakan hazmat suit itu memang biasanya digunakan petugas medis ketika menangani sebuah wabah penyakit seperti virus corona yang sekarang terjadi.

Untuk itulah, kata Kombes Rachmat, Bhabinkamtibmas dapat memanfaatkan kostum khusus tersebut dalam tugasnya melindungi diri ketika pandemi COVID-19 tengah mewabah sekarang.
Baca juga: Kapolresta : Bhabinkamtibmas terus imbau masyarakat cegah Covid 19
Baca juga: Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru hibahkan mobil untuk wargaBaca juga: Polresta Banjarmasin bekali Bhabinkamtibmas dengan baju APD
"Misalnya dalam melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan binaannya, Bhabinkamtibmas dapat menggunakan kostum standar bagi petugas medis ini," tuturnya didampingi Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo.

Rachmat pun meminta jajarannya dapat terus bersinergi dengan seluruh unsur masyarakat termasuk menjaga soliditas tiga pilar bersama aparatur sipil dan TNI.

"Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Lurah jadi garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus corona," ujar perwira menengah Polri itu.

Termasuk dalam mengambil tindakan pembubaran orang yang berkumpul menindaklanjuti Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020