Polisi terus melakukan imbauan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sejumlah polisi dari Polda Kalimantan Selatan alumni SIP Reg 45/Wira Andhang Pandhega pun punya cara sendiri mengedukasi masyarakat tetap di rumah dengan menggelorakan berbagi sembako untuk mereka yang kurang mampu.

"Paket sembako diberikan kepada pekerja jalanan seperti tukang becak dan ojek online yang masih bekerja untuk mencari nafkah di tengah wabah Covid-19," terang Ipda Robby A Bahasuan, anggota Polda Kalsel yang menginisiasi bagi-bagi sembako itu di Banjarmasin, Rabu.

Menurut Robby, bagi masyarakat kurang mampu tentunya tidak mudah anjuran pemerintah untuk berdiam di rumah tanpa bisa bekerja mencari uang untuk menghidupi keluarga.

Maka dari itu, solusi terbaik adalah dengan menggelorakan kegiatan berbagi untuk sesama kepada mereka yang membutuhkan sembari meminta masyarakat tidak keluar rumah dulu sementara waktu.

"Kita berharap semoga aksi membantu sesama ini terus dibangun di tengah masyarakat kala situasi sulit menghadapi pandemi virus corona sembari terus berdoa agar penyakit ini cepat berlalu," tutur perwira yang menjabat PS Kanit Opsnal Subbid Paminal Bidpropam Polda Kalsel itu.
Anggota Polda Kalsel alumni SIP Reg 45 / Wira Andhang Pandhega bagikan sembako kepada masyarakat di Kota Banjarmasin. (ANTARAKALSEL/Firman)


Sedangkan bagi masyarakat yang mampu secara ekonomi, tambah Robby, diharapkan sebisanya di rumah saja. Apalagi pemerintah sudah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. 

"Jadi setiap anak muda misalnya, tidak perlu lagi nongkrong-nongkrong. Karena Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) menjadi dasar kami menindak setiap kerumunan orang," tegasnya.

Peran serta masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona memang sangat penting saat ini. Selain mengurangi interaksi sosial dengan menjaga jarak serta berdiam diri di rumah, penerapan pola hidup bersih juga wajib dilakukan.

Di antaranya rajin mencuci tangan dengan sabun atau cairan anti septik serta menggunakan masker ketika keluar rumah atau sedang sakit dan juga rajin berolahraga agar tubuh tetap bugar, sehingga imunitas tubuh terjaga.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020