Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, meminta kesadaran masyarakat untuk melaporkan diri usai melakukan perjalanan dari luar daerah.

Disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Balangan, Samsudi Nor,  demi mencegah penyebaran Pandemi Global COVID-19 di Bumi Sanggam, setiap warga harus memiliki kesadaran untuk melaporkan dirinya.

Bukan hanya terkait kesehatan dirinya pribadi, namun menyangkut keluarganya, tetangga dan masyarakat lainnya yang ada disekitarnya.

"Kita mendengar ada beberapa orang yang datang dari luar daerah, bahkan menolak untuk melaporkan diri, hingga sering ikut sholat berjamaah akan tetapi menolak memeriksakan diri ke pusat kesehatan," ungkapnya.

Hal ini membuat resah bagi masyarakat lainnya yang sudah sebaik mungkin menjaga diri dan keluarganya, serta lingkungan agar bebas dari COVID-19.

Dia juga berharap, aparat desa dan kecamatan saling berkoordinasi mendata warganya, lalu melaporkan kepada pusat kesehatan terdekat, agar bisa dilakukan pemeriksaan dan pemantauan.

"Bukan berarti mereka positif, akan tetap demi mencegah penyebaran pandemi global COVID-19, maka setiap prosedur harus kita laksanakan sebaik mungkin," imbuhnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020