Polda Kalimantan Selatan meningkatkan upaya pencegahan mewabahnya virus corona di lingkungan Mapolda dengan sterilisasi penyemprotan cairan disinfektan dan pengecekan suhu tubuh.

"Atas perintah pimpinan, semua orang yang masuk Mapolda wajib melewati bilik sterilisasi dan cek suhu tubuh serta mencuci tangan hingga bersih," terang Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim di Banjarmasin, Sabtu.

Hal itu dilakukan guna mencegah orang tak sehat masuk Mapolda. Karena dari suhu tubuh yang diperiksa, menjadi deteksi dini kondisi tubuh seseorang.

"Kalau badannya panas di atas suhu tubuh orang normal, maka langsung kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut kesehatannya," beber Erwinn.
Anggota Bidang Humas Polda Kalsel Briptu Mega Karmila mencuci tangan saat masuk Mapolda. (ANTARAKALSEL/Firman)


Tindakan pencegahan yang begitu ketat tersebut, tambah Erwinn, sebagai bentuk edukasi kepada internal anggota dan juga masyarakat umum bahwa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan badan di tengah Covid-19 yang kini mewabah.

Apalagi lingkungan kerja di Kepolisian begitu rawan terjangkit mengingat adanya pelayanan publik yang terus didatangi masyarakat, sehingga penting peningkatan kewaspadaan bersama.

"Belum lagi kerja anggota di lapangan, tentu rawan terpapar virus penyakit ini. Maka dari itu, pentingnya bilik dekontaminasi sebagai langkah sterilisasi untuk pencegahan penyebaran virus corona," tandasnya.

Hingga 28 Maret 2020, kasus virus corona di Indonesia tercatat 1.046 kasus yang tersebar di 28 provinsi. Dimana 87 orang meninggal dunia. Sedangkan di Kalimantan Selatan ada satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020