Dalam rangka memberikan wawasan mengenai perekonomian Indonesia dan kebijakan bank sentral serta perkembangan dan tantangan perekonomian Indonesia saat ini di tingkat perguruan tinggi, Bank Indonesia (BI) dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan kuliah umum dengan tema “Perekenomian Indonesia dan Bauran Kebijakan Bank Sentral” dengan narasumber Deputi Gubernur BI Budi Waluyo di Lecture Theatre Building Fakultas Ekonomi ULM, Jumat (6/3).

Acara ini dihadiri Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc., Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Mandison Sembiring, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herwanto, Kepala Bapeda Provinsi Kalimantan Selatan, Dekan, dosen dan sivitas akademika ULM.

"Topik terkait perekonomian selalu menarik untuk diperbincangkan. Apalagi materi kali ini akan disampaikan langsung oleh Deputi Gubernur BI," tutur Sutarto.

Rektor menambahkan, merupakan kesempatan yang sangat baik untuk memperkaya wawasan dalam bidang ekonomi tidak hanya bagi mahasiswa tapi juga peserta yang hadir pada kuliah umum ini.

Sebagai penutup tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada Herwanto selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat yang sebelumnya menjabat sebagai Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan ULM. 

Kerjasama tersebut berupa beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa ULM melalui program yang disebut GenBI (Generasi Baru Indonesia) oleh Bank Indonesia. 

Harapan Sutarto, jumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa dapat ditingkatkan lagi, sehingga membantu lebih banyak mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi di ULM.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo membuka kuliah umum ini dengan memaparkan tugas Bank Indonesia yang diantaranya, menjaga kestabilan harga barang (inflasi) dan kestabilan harga uang (nilai tukar), dan melakukan kebijakan makro prudential. 

Kemudian dia juga membahas mengenai kebijakan ekonomi digital yang dinilai memiliki peluang cerah kedepannya. 

Para mahasiswa dan hadirin yang berhadir mengikuti jalannya kuliah umum ini dengan antusias dan terlibat aktif dalam dialog dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator Dr. H. Ahmad Yunani selaku ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Banjarmasin dan wakil Dekan III FEB ULM.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020