Armada pelayaran nasional  PT Dharma Lautan Utama (DLU) menjamin perjalanan pelayaran laut yang sehat bebas virus Corona atau Covid-19 melalui sejumlah langkah pencegahan.

"Sejak di area terminal pelabuhan, penumpang dicek kesehatannya hingga mau naik ke atas kapal diharuskan membersihkan tangan dengan hand sanitizer," terang Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi, Kamis.

Selama perjalanan di atas kapal, penumpang pun diatur agar menjaga jarak dari satu orang ke lainnya. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya penularan wabah corona. Kru kapal senantiasa pula memberikan edukasi agar penumpang dapat menjaga kebersihan.

"Di tiap sudut di atas kapal kami sediakan cairan anti septik pembersih tangan. Jadi, setiap saat penumpang bisa membersihkan tangan agar steril misalnya ingin makan dan sebagainya," jelas Anton.
Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi menunjukkan cairan anti septik yang tersedia di counter pelayanan tiket. (ANTARA/Firman)


Kemudian langkah lainnya, seluruh armada kapal yang dimiliki DLU dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan, sehingga pertumbuhan bakteri termasuk virus corona yang kini merebak tidak terjadi.

"Jadi sebelum kapal berangkat, kami sterilisasi dulu ketika sandar di dermaga. Untuk itu, penumpang jangan ragu, kami jamin pelayaran aman dan nyaman plus sehat bagi penumpang setia DLU," timpal Anton.

Mewabahnya virus corona di dunia hingga ke Indonesia diakui Anton turut memukul sektor angkutan laut. Bahkan, untuk DLU rute Banjarmasin ke Surabaya dan sebaliknya, terjadi penurunan penumpang hingga 40 persen dibanding kondisi normal.

"Kalau angkutan barang normalnya 35 sampai 40 armada, sekarang hanya berkisar 20 sampai 25 unit kendaraan. Begitu juga untuk penumpang jika normalnya 200 orang, saat ini hanya kisaran 50 penumpang," tandasnya.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020