Antisipasi maraknya penyebaran COVID-19 atau yang dikenal dengan virus corona, yang kini dinyatakan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, imbau masyarakat agar tetap tenang dan berperilaku hidup sehat.

Sebagaimana diketahui, secara umum melalui situs-situs di intenet yang membahas virus corona, gejala-gejala awal yang terjadi seperti badan panas serta batuk dan pilek, yakni sekitar 80 persen panas, sekitar 60 persen batuk, dan pilek.

Bupati Balangan, H Ansharuddin mengimbau agar para orang tua, lebih memperhatikan anak-anaknya, dimana aktivitas bermain anak terkadang tidak terpantau terkait kebersihannya.

"Anak-anak sering bermain di luar, ketika mereka usai beraktivitas, para orang tua harus memperhatikan kebersihannya, selain menjaga agar anak tetap sehat dari berbagai macam virus dan bakteri, menjaga kebersihan juga merupakan sebagian dari iman," tuturnya.

Hal tersebut lanjutnya, juga mengajarkan anak agar terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat.

Berikut imbauan Bupati Balangan, H Ansharuddin tentang COVID-19 yang berisi empat poin.

1. Agar tetap tenang, jangan resah dan tidak menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya.

2. Masyarakat dihimbau untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir maupun antiseptik sebelum dan sesudah aktivitas.

3. Gunakan masker hanya bagi orang yang sakit.

4. Terus menjaga kesehatan dengan makan buah dan sayur, rajin olah raga dan istirahat cukup.

5. Jika mengalami gejala COVID-19 segera hubungi petugas kesehatan terdekat.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020