Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews.Kalsel) - Pada malam pergantian tahun atau malam tahun baru 2014 beberapa perputaran jalan Lambung Mangkurat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan ditutup total.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin, AKP Henry N Candra Sik di Banjarmasin, Senin mengatakan, ada sekitar lima putaran di jalan Lambung Mangkurat dilakukan penutupan.

Lima perputaran yang dilakukan penutupan total itu diantaranya, perputaran di depan Bank Mandiri, depan kediam Wakapolda, depan Bank Indonesia, depan Kantor DPRD Banjarmasin, dan di depan Bank Kalsel Jalan Lambung Mangkurat.

Penutupan itu dilakukan karena kawasan jalan Lambung Mangkurat merupakan pusat berkumpulnya masyarakat untuk merayakan malam tahun baru 2014 nantinya.

"Bukan hanya penutupan perputaran saja, ada beberapa arus yang juga kita alihankan agar tidak terjadi kemacetan pada malam perayaan pergantian tahun itu," terangnya kepada Antara.

Dikatakan, pergantian tahun baru yang akan terpusat di sepanjang Jalan Lambung Mangkurat dan Jendral Sudirman serta Jalan Brigjend Hasan Basrie itu, pihaknya akan menetapkan di kawasan tersebut sebagai arus car free nihgt pada pukul 19.00 sampai dengan 01.00 Wita.

Bukan itu saja, beberapa arus yang menuju jalan Lambung Mangkurat, jalan Sudirman dan jalan Hasan Basrie semuanya dialihkan agar mengurangi tingkat kemacetan di kawasan tersebut.

"Kita berupaya semaksimal mungkin agar pada malam pergantian tahun itu kemacetan tidak terlalu parah, dan kita terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan untuk membantu mengamankan arus nantinya," ucapnya pria murah senyum itu.

Henry mengimbau, kepada masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda empat apabila tidak ada keperluan yang mendesak pada malam tahun baru 2014.

Selain itu, untuk pihak pemadam kebakaran, agar bisa menahan diri apabila pada malam tersebut terjadi musibah kebakaran, dan penangan diserahkan secara lokal itu, untuk diatasi para pemadam yang dekat dengan tempat kejadian.

"Semoga pelaksanaan pengamanan pada malam pergantian tahun itu semuanya bisa berjalan lancar dan aman serta tidak ada kejadian ataupun kendala-kendala di lapangan, dan situasi Kota Banjarmasin tetap dalam keadaan yang kondusif," tutur Henry.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013