Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menggelar lomba merangkai buah local,  lomba membuat kudapan non beras dan non terigu berbahan pangan lokal, di Kediaman Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut, kamis (12/3).

Ketua DWP Tanah Laut Hj Rachmalina Dahnial Kifli mengharapkan,  peran DWP semakin besar dalam memajukan kaum perempuan.

Dirinya juga ingin,  semangat kerja serta kebersamaan di organisasi DWP selalu ada dan bertambah, dalam rangka memajukan Dharma Wanita Kabupaten Tanah Laut dan ikut berperan memajukan Bumi Tuntung Pandang.

Menurutnya,  kegiatan lomba merangkai buah lokal dan lomba membuat kudapan dari non beras dan non terigu berbahan pangan local,  bukan hanya untuk perlombaan semata, namun pada perlombaan tersebut terkandung makna yang dalam dan bertujuan untuk mengasah kreatifitas para anggota DWP Tanah Laut.

"Lomba merangkai buah lokal dapat menjadi sarana promosi buah - buahan lokal agar tidak kalah bersaing dengan buah - buahan impor," jelasnya.

Selain lomba merangkai buah lokal, terang dia, juga diadakan lomba membuat kudapan non beras dan non terigu berbahan pangan lokal.
Tujuannya, terang dia, agar peserta bisa berinovasi dan berkreativitas dalam mengolah kudapan.

"Sehingga dapat membuat makanan dari bahan pangan lokal seperti jagung, singkong, ubi ungu dan bahan lokal lainnya," tutur Rachmalina.

Sementara itu, Penasehat II DWP Tanah Laut Yati Oktoviana Abdi Rahman berharap,  dalam pertemuan rutin bulanan tersebut menjadi ajang silaturrahmi bagi anggota DWP untuk bertukar informasi serta menjalin kekompakan dan bersatu untuk kemajuan organisasi.

Yati juga mengapresiasi perlombaan  digelar DWP Tanah Laut, terlebih lomba - lomba yang diadakan menggunakan buah - buahan dan bahan pangan lokal.
                         
"Tentu diharapkan dengan perlombaan merangkai buah - buahan lokal dan lomba membuat kudapan non beras serta non terigu berbahan pangan lokal, dapat mempromosikan buah - buahan dan bahan panganan lokal yang ada di Bumi Tuntung Pandang," harap Yati.

Untuk kategori lomba kudapan non beras dan non terigu juara tiga diraih Ratna Kusuma Putri dari PKK Kecamatan Panyipatan, juara dua diraih Ferny Hastuti dari Sekretariat DPRD Tanah Laut dan juara satu diraih Endang Sukaisih dari Setda Tanah Laut.

Sedangkan untuk kategori lomba merangkai buah lokal juara tiga diraih Astri Kirana dari Dinas PUPRP Tanah Laut, juara dua diraih Rini Yanwar dari BPBD Tanah Laut dan juara satu diraih Henny Yuliana dari Kemenag Tanah Laut.                       

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020