Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sjamsudin Noor Banjarmasin menyiapkan kaki palsu dan juga kursi roda masing-masing lebih kurang 25 hingga 30 unit dalam gelaran bhakti sosial kesehatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI AU.

"Sementara kami siapkan segitu dulu. Namun melihat animo masyarakat, jika memang ada lebih dari jumlah yang disiapkan antara 25 hingga 30 unit, maka Insya Allah diupayakan kami tambah," kata Komandan Lanud Sjamsudin Noor Banjarmasin Kolonel Pnb M Taufiq Arasj di Banjarmasin, Rabu.

Selain pemberian kaki palsu dan kursi roda untuk disabilitas, kegiatan bertema "Bhakti Sosial TNI AU Peduli Rakyat Banua" itu juga ada operasi katarak yang ditarget hingga 150 pasien. Kemudian diisi pula pemeriksaan kesehatan untuk umum dan gigi anak.

"Daftarkan diri ke Rumah Sakit TNI AU Sjamsudin Noor Jalan Hercules Landasan Ulin, Kota Banjarbaru untuk didata bagi warga yang berminat. Nanti kami skrening dan evaluasi apakah masuk dalam masyarakat tidak mampu yang dapat diberikan bantuan," tutur Taufiq.

Sedangkan untuk menjaring lebih banyak masyarakat yang dapat terakomodir dan tepat sasaran, Lanud Sjamsudin Noor juga sudah berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait di Kalimantan Selatan.

"Jadi meskipun Lanud berada di Banjarbaru, tapi bukan berarti hanya sasaran target masyarakat Banjarbaru saja, tapi seluruh masyarakat Kalsel yang memang layak dibantu dalam kegiatan kali ini," tandas Danlanud.

Adapun untuk pembuatan kaki palsu rencananya diserahkan pada 1 April 2020 mendatang. Saat ini proses pendaftaran bagi calon penerimanya yang dibuka hingga 12 Maret.

Sedangkan operasi katarak hingga pemberian kursi roda dan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan 31 Maret hingga 1 April 2020 serta ditutup gelaran donor darah pada 2 April 2020.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020