Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan acara Bedah Buku yang berjudul “Model Sistem Hidroorologi Di Hutan Lindung Daerah Aliran Sungai Riam Kanan Kalimantan Selatan” sekaligus 70 Tahun Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, MS, Selasa (10/3)  di Aula Rektorat ULM lantai 1 Banjarmasin.

Acara ini dihadiri oleh Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc., Ketua Senat ULM Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, M.S., Rektor ULM yang kelima Prof. H. Muhammad Kustan Basri, Para Wakil Rektor ULM, Para Guru Besar, Anggota Senat ULM, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kalimantan Selatan, Para Dekan di lingkungan ULM, Kepala BPDASHL (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung) Barito, Dr. Zainal Arifin, S.Hut., M.P., yang juga menjadi penelaah dalam acara bedah buku kali ini, dan para tamu undangan. 

Dekan Fakultas Kehutanan, Dr. H. Kissinger menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Rektor ULM yang telah berkenan memfasilitasi pelaksanaan acara ini.

Dia melihat acara bedah buku ini sebagai ajang silaturahmi bagi sivitas akademika Universitas Lambung Mangkurat. Acara bedah buku ini juga menjadi acara pelepasan 70 tahun Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, MS. 

"Bedah buku ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, MS. yang di usia 70 tahun masih bisa berkarya dan memotivasi sivitas akademika lainnya untuk bisa terus berkarya," katanya.
Di mata Dekan Fakultas Kehutanan, sosok Prof Ruslan merupakan seorang pribadi yang tidak hanya cerdas di bidang akademik, tetapi juga religius.

Dia juga menilai figur Ruslan sebagai dosen yang sangat konsisten dengan bidang ilmu yang digeluti yaitu Hidrologi dan pengolahan DAS. 

Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Prof Ruslan atas dedikasi, bimbingan, dan pengabdian di Universitas Lambung Mangkurat. 

Meskipun sudah memasuki masa purna tugas, dia berharap Prof Ruslan masih bersedia memberikan kontribusi dan pemikiran untuk kemajuan Fakultas Kehutanan dan Universitas Lambung Mangkurat.
Sementara Sutarto Hadi membagikan kisah perjuangan hidup Prof Ruslan sejak kecil hingga sukses seperti sekarang ini. 

Bagi dia, Muhammad Ruslan merupakan seorang pekerja keras dan juga sangat cerdas. Sutarto juga mengapresiasi proyek pembangunan gedung yang massive di ULM yang telah digagas oleh pimpinan terdahulu yaitu Prof. Ir. H. Rasmadi, MS., dan Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, M.S., yang kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, MS., yang kemudian diselesaikan oleh dirinya sekarang.

Proyek besar tersebut berperan besar dalam pencapaian akreditasi A oleh ULM saat ini. 

Tidak lupa Sutarto mengucapkan terima kasih kepada Ruslan yang telah berkontribusi besar terhadap kemajuan ULM.
Rektor berharap agar seniornya itu sehat selalu supaya bisa tetap mengabdi dan mendarmabaktikan ilmu untuk ULM. 

Buku yang berjudul “Model Sistem Hidroorologi Di Hutan Lindung Daerah Aliran Sungai Riam Kanan Kalimantan Selatan” merupakan karya Prof Ruslan yang mengkaji kondisi sistem hidroorologi hutan lindung yang ada saat ini.

Prof Ruslan berharap kegiatan seperti bedah buku ini dapat terus diadakan agar dapat memotivasi sivitas akademika yang lain.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020