oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews.Kalsel) - Kontingen Kota Banjarmasin berhasil meraih gelar juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi IX Kalimantan Selatan 2013 yang digelar di Kabupaten Banjar tanggal 15-23 Desember 2013.

"Kami mengucapkan selamat kepada kontingen Banjarmasin yang berhasil meraih juara umum," ujar Gubernur Kalsel Rudy Ariffin sebelum menutup event olahraga itu di Stadion Demang Lehman Martapura, Senin.

Hasil akhir perolehan medali, atlet Banjarmasin mengumpulkan 96 emas, 79 perak dan 79 perunggu melampaui perolehan medali 12 kabupaten dan kota lain pada event olahraga yang diikuti 3.955 atlet itu.

Peringkat kedua ditempati kontingen Banjarbaru yang meraih 55 emas, 41 perak dan 75 perunggu disusul Kabupaten Tapin yang mengumpulkan 45 medali emas, 29 perak dan 29 medali perunggu.

Dua kontingen lain yang menempati posisi lima besar adalah Kabupaten Tanah Bumbu dengan 34 emas, 54 perak dan 65 perunggu serta Kabupaten Kotabaru yang meraih 33 emas, 46 perak dan 61 perunggu.

Sementara, tuan rumah Kabupaten Banjar harus puas diperingkat enam dengan 28 emas, 29 perak dan 60 medali perunggu disusul kabupaten lain yang meraih medali dibawah angka tersebut.

Bupati Banjar Khairul Saleh mengatakan, pihaknya cukup puas atas prestasi yang diraih atlet dan bangga atas prestasi maksimal yang sudah dipersembahkan pada event olahraga tingkat provinsi itu.

"Kami cukup puas dan sangat berterimakasih kepada seluruh atlet yang sudah berjuang maksimal, disamping gembira karena mampu menjadi tuan rumah yang baik sehingga seluruh kegiatan aman dan lancar," ujarnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel Sulaiman HB mengatakan, prestasi terbaik yang diraih atlet pada Porprov merupakan gambaran prestasi yang bisa diraih pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Prestasi atlet Porprov merupakan tolak ukur prestasi PON sehingga mereka harus dipersiapkan sebaik-baiknya agar mampu meraih prestasi terbaik jika diikutsertakan pada event olahraga empat tahunan itu," ujarnya.

Ditambahkan, selama pelaksanaan Porprov banyak atlet muda berprestasi yang muncul sehingga mereka bisa dipersiapkan mengikuti event olahraga baik PON maupun event olahraga nasional lainnya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013