Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, telah menyiapkan satu ruangan isolasi khusus bagi calon pasien yang terindikasi Virus COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu H. S Budi, di Batulicin Kamis mengatakan, pemerintah daerah sengaja menyiapkan satu unit ruangan isolasi secara khusus di RSUD dr Andi Abdurrahman Noor untuk antisipasi.

"Memang hingga kini belum di temukan kasus pada pasien memiliki ciri-ciri yang disebababkan oleh Covid-19," katanya.

Dia mengutarakan, sebenarnya ruang isolasi tersebut adalah sebagai langkah awal penanganan calon pasien yang di indikasi terdampak virus corona untuk dilakukan observasi.

"Namun manakala yang bersdangkutan positis terjangkit virus tersebut makan akan dilakukan rujukan ke RSUD Ulin Banjarmasin atau RSUD Tanah Laut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha pada RSUD dr. Andi Abdurrahman Noor Tanah Bumbu, Saleh menambahkan bahwa, pihak rumash sakit juga  membentuk tim medis yang terdiri dari dokter patologi klinik dan beberapa perawat untuk menangani secara khusus bagi calon pasien virus corona.

"Sejauh ini di Kabupaten Tanah Bumbu tidak ada kasus penyakit virus corona, namun pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu tetap melakukan kewaspadaan dan mempersiapkan fasilitas-fasilitas sebagai penunjang dalam penanganan kasus tersebut," tambah Saleh.

Pihaknya berharap, agar hal ini menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat khusunya bagi Warga Tanah Bumbu, agar tetap tenang dan jangan panik terhadap isu penyakit yang di sebabkan oleh viris corona.

"Agar terhindar dari segala macam penyakit mari kita terapkan pola hidup sehat, dengan cara mencuci tangan dengan sabun sehabis melakukan kegiatan, konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan gizi, gunakan masker saat beraktifitas di luar rumah," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020