Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengimbau gerakan masyarakat hidup sehat atau disingkat Germas untuk menghindari terjangkitnya virus Corona yang kini kasusnya sudah masuk Indonesia.

Menurut Machli di Banjarmasin, Selasa, masuknya virus Corona di negara ini harus disikapi dengan serius, yakni, melakukan kewaspadaan, menjaga diri dan keluarga, salah satunya dengan melakukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

"Ini yang kita sosialisasikan kemasyarakat, sebagai kewaspadaan daerah kita menghadapi virus Corona ini," katanya.
Baca juga: Pejabat Pemkab HSS diberikan sosialisasi hidup sehat
Baca juga: Polda Kalsel gelorakan gaya hidup sehat
Baca juga: HSS kampanyekan gerakan hidup sehat
Adapun gerakan masyarakat hidup sehat tersebut antara lain dengan makanan gizi seimbang, rajin olahraga dan istirahat cukup, cuci tangan dengan sabun serta selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Kemudian, lanjut dia, tidak merokok, gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam, minum air mineral delapan gelas perhari, makan makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan daging dan hewan yang berpotensi menularkan.

"Bila demam dan sesak napas, segera ke fasilitas kesehatan. Tentunya jangan lupa berdoa," ujar Machli.

Menurut dia, pencegahan virus Corona yang mulanya datang dari Wuhan, China tersebut harus dilakukan bersama, di mana menjaga diri masing-masing adalah yang terpenting.

"Intinya tidak usah panik, harus bisa tetap tenang, jaga diri dengan hidup sehat," pungkasnya.





 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020