Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengkampanyekan Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat sekaligus cuci tangan dan sikat gigi masal pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 dan Peringatan Hari Jadi ke-69 tahun Kabupaten HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Jumat (8/11)  mengatakan, banyak kegiatan yang telah di laksanakan dan ini sudah dirangkai mulai bulan Oktober sampai nanti bulan Desember.

"Silahkan anak-anak ikut terlibat dalam berbagai kegiatan hari jadi,  kami  berharap banyak hal yang bisa dirasakan masyarakat untuk memaknai hari jadi," katanya, saat memberikan sambutan, bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Kandangan.

Baca juga: Kampanyekan makan sayur dan buah Wabup HSS makan bersama anak SD

Dijelaskan dia, Pemkab HSS juga sudah melaksanakan gerakan pasar murah di semua kecamatan, agar masyarakat HSS yang tidak mampu sudah bisa merasakan makna dari hari jadi.

Kegiatan olahraga dan seni juga ada karasmin tempo dulu, permaianan-permainan dahulu, kuliner atau makanan tempo dulu, dan masyarakat dipersilahkan mendatangi dan menikmati setiap acara yang diselenggarakan pemerintah.

Ia bersyukur Germas diikuti anak anak sekolah yang merupakan kaum milineal dan berharap mereka punya prinsip hidup sejak dini yaitu hidup sehat, hidup sehat sangat sederhana dengan mendisiplinkan diri sendiri, akhirnya menjadi lingkungan, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, hidup sehat individual dan hidup sehat keluarga.

Baca juga: Kabut asap Dinkes HSS imbau warga pakai masker

"Mudah-mudan dengan dengan mencoba dan menerapkan pola hidup yang sehat ini maka kita akan menjadi sehat ke depan," katanya 

Dan kepada karyawan-karyawati puskesmas di kecamatan kandangan, ia menyampaikan ucapan terima kasih atas langkah yang selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan semangat untuk mensehatkan masyarakat dengan pola hidup sehat terus dilakukan.

Di akhir acara Bupati HSS dan Wakil Bupati HSS beserta kepala OPD, Forkopimca, PKK, para Guru melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dalam melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat, serta meninjau para siswa siswi cuci tangan pakai sabun massal, sikat gigi masal dan makan sayur massal.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019