Sebanyak 189 Bintara remaja yang baru saja dilantik langsung mendapat tugas memperkuat Polda Kalimantan Selatan dalam upaya mengamankan Pilkada serentak 2020.

"Tahun ini ada delapan Pilkada di Kalsel dan kehadiran Bintara remaja ini tentunya sangat membantu pertebalan pasukan kita," terang Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani di Banjarbaru, Senin.

Kepada ANTARA usai melantik Bintara lulusan Diktukba Polri angkatan 44 tahun anggaran 2019 di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Kalsel di Banjarbaru, Kapolda mengakui pengamanan pilkada bukanlah tugas ringan.

Untuk itu, dia mengingatkan anggota Polri yang baru lulus pendidikan itu agar terus mengasah diri dengan beragam kompetensi, wawasan, dan keterampilan.

"Ini baru tahap awal dari pengabdian panjang seorang anggota Polri. Mereka harus ditopang pendidikan dan pelatihan lanjutan agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," tutur jenderal bintang dua itu menekankan.

Hajatan pesta demokrasi Pilkada di Bumi Lambung Mangkurat akan berlangsung di 7 kabupaten dan kota plus satu Pemilihan Gubernur yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru dan Pilgub Kalsel.
 
Bintara Polri yang baru dilantik melakukan atraksi bongkar pasang senjata di SPN Polda Kalsel, Senin (2/3)/2020). (ANTARA/Firman)


Kapolda mengharapkan pelaksanaan demokrasi Pancasila tahun ini dapat berjalan lancar, aman dan tertib sesuai kaidah dan ketentuan.

"Dengan pilkada yang jujur dan adil nantinya masyarakat Kalsel bisa memilih pemimpin yang membawa kemaslahatan dan kemakmuran bagi rakyat Banua," tandasnya.

Sementara Sedangkan Kepala SPN Polda Kalsel AKBP Leo Joko Triwibowo mengatakan, Bintara remaja itu telah mengikuti pendidikan selama 7 bulan terhitung sejak 6 Agustus 2019 pada saat pembukaan pendidikan hingga 2 Maret 2020 ketika pelantikan.

Ada 4 lulusan berprestasi dengan predikat terbaik yang diraih oleh Bripda Gusti M.Aldi Fadlin. Sedangkan di urutan kedua dengan Predikat Tertabah disabet Bripda Arnoldus Hamsan Maryanto. Kemudian dua kriteria lain yaitu Predikat Cendekia Bripda Dimas Prayoga dan Predikat Trengginas diraih Bripda M. Febriannor.
   

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020