Oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews.Kalsel) - Sebanyak 3.955 atlet mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Kalimantan Selatan yang dilaksanakan sejak 15-23 Desember 2013 di Kabupaten Banjar dengan tempat pertandingan di Kota Martapura dan Banjarbaru.

Pembukaan event olahraga empat tahunan yang diikuti 13 kabupaten dan kota se Kalsel itu dibuka Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan di Stadion Demang Lehman Martapura, Minggu.

Upacara pembukaan dihadiri Ketua Umum KONI Pusat Mayjend (Purn) Tono Suratman, Ketua KONI Kalsel Sulaiman HB, bupati dan wali kota se Kalsel serta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalsel.

Ketua panitia penyelenggara Gusti Chairiansyah melaporkan, selain atlet juga terdapat offisial atau pendamping sebanyak 821 orang sehingga total atlet dan pendamping 4.776 orang.

"Seluruh atlet mengikuti 28 cabang olahraga yang dipertandingkan, dan secara resmi mulai bertanding usai pembukaan. Namun karena beberapa alasan ada cabang olahraga yang dilombakan lebih dulu," ujarnya.

Disebutkan Ketua KONI Kabupaten Banjar itu, kontingan Kota Banjarmasin paling banyak mengirimkan atlet sebanyak 544 atlet yang mengikuti seluruh cabang ditambah 136 offisial.

Tuan rumah Kabupaten Banjar mengikutsertakan 380 atlet, Tanah Bumbu 372 atlet, Kota Banjarbaru 367 atlet, Balangan 175 atlet, Kabupaten Barito Kuala 159 atlet.

Kemudian, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah 274 atlet, Hulu Sungai Utara 323 atlet, Kotabaru 366 atlet, Tabalong 272 atlet, Tanah Laut 237 atlet dan Tapin 246 atlet.

Ketua KONI Kalsel, Sulaiman HB mengharapkan, event olahraga antar kabupaten dan kota itu mampu melahirkan atlet berprestasi yang mengisi kekuatan olahraga di Kalsel.

"Harapan kita bersama, melalui event olahraga ini lahir atlet-atlet berprestasi kebanggaan Kalsel yang dapat disumbangkan untuk membela kepentingan nasional," ujarnya.

Bupati Banjar Khairul Saleh mengatakan, event olahraga selama sepekan itu merupakan sarana yang strategis untuk meningkatkan prestasi olahraga daerah dan mencari bibit-bibit atlet yang bisa dibina lebih lanjut.

"Diharapkan, prestasi atlet yang dicapai dalam event ini, bisa dibina lebih baik dan fokus sehingga mampu berprestasi baik nasional maupun internasional," katanya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013