Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melantik sebanyak 55 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas mensukseskan jalannya seluruh tahapan Pilkada 2020 pada Sabtu (29/2) di Aula Bappelitbangda HST.

Ketua KPU HST, Johransyah menyampaikan, jumlah anggota PPK terpilih yang telah melalui tes tertulis dan wawancara acara adalah sebanyak 55 orang untuk bertugas di 11 kecamatan se-Kabupaten HST. Masing-masing kecamatan sebanyak lima orang anggota PPK.

Pihaknya saat ini juga telah melangsungkan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas di masing-masing desa se-Kabupaten HST. Jumlahnya tiga orang anggota PPS per desa.

Bupati HST, H A Chairansyah saat berhadir menyampaikan, PPK mempunyai peran besar, menjadi ujung tombak dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilkada.

"Kami berharap, PPK lebih cermat dan saling berkoordinasi dalam setiap tahapan Pilkada, agar Pilkada di Kabupaten kita berlangsung dengan aman dan damai, tanpa ada perselisihan yang dapat menimbulkan konflik di tengah masyarakat," katanya.

Menururnya, dari yang disampaikan KPU, saat ini ada empat pasangan calon perseorangan yang telah mendaftar sebagai calon Bupati HST.

Dari empat calon tersebut diperkirakan akan banyak tumpang tindih dukungan KTP, jadi tugas PPK bersama jajaran di bawahnya untuk memverifikasi guna memastikan syarat dukungan itu sesuai aturan.

"Kita berharap anggota PPK ini dapat benar-benar bekerja sesuai aturan dan mudah-mudahan melalui Pilkada tahun ini menghasilkan pemimpin yang benar-benar mampu membangun banua," tuntasnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020