Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan menggelorakan Kampung Tertib Lalu Lintas sebagai edukasi kepada masyarakat jika ketertiban berlalu lintas bisa dimulai dari lingkungan terkecil.

"Kami ingin Kampung Tertib Lalu Lintas terus bertambah agar kesadaran tertib berlalu lintas semakin menggelora di masyarakat," terang 
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Andi Azis Nizar di Banjarmasin, Rabu.

Menurut Andi, lingkungan seperti perumahan penduduk sangat bagus menjadi tempat edukasi tertib berlalu lintas karena setiap saat dapat dilihat oleh masyarakat.

"Kalau Polantas menggelar edukasi itu hanya sekali waktu saja. Tapi jika di lingkungan tempat tinggal terpampang segala aturan tertib berlalu lintas maka dapat dilihat setiap saat dan secara otomatis terus mengingatkan warga untuk tertib," jelasnya.
Salah satu Kampung Tertib Lalu Lintas yang mendapat apresiasi dari Dirlantas yaitu di Komplek Permata Baru Dua RT 13 Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Andi menilai apa yang sudah dilakukan warga setempat patut diapresiasi. Karena membentuk Kampung Tertib Lalu Lintas secara swadaya masyarakat atas kesadaran sendiri untuk menggelorakan tertib lalu lintas sejak dini.

"Adanya Kampung Tertib Lalu Lintas otomatis seluruh warga yang ada di lingkungan perkampungan setempat jadi teredukasi, termasuk bagi-bagi anak sejak dini diberi tahu soal lalu lintas dengan adanya terpasang rambu-rambu dan sebagainya," papar Andi.

Diharapkan kedepannya bisa menjadi contoh bagi desa atau kampung lainnya agar Kampung Tertib Lalu Lintas terus bertambah dari waktu ke waktu, sehingga tingkat kesadaran masyarakat untuk tertib di jalan raya semakin tinggi.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020