Jajaran DPRD Kabupaten Kotabaru mendesak kepada bupati setempat membentuk tim yang melakukan pengkajian terhadap tuntutan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tanah Kambatang Lima oleh masyarakat dari 12 kecamatan yang ada di dalamnya.

Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis mengatakan, berdasarkan hasil keputusan legislatif secara penuh fraksi yang ada mendukung tuntutan masyarakat perwakilan dari 12 kecamatan tersebut.

"Untuk itu kami meminta kepada bupati secepatnya membentuk tim yang akan mengkaji terhadap tuntutan DOB Kambatang Lima tentunya sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku," ujar Syairi, Rabu.

Dikatakannya, dari hasil rapat dengar pendapat (hearing) gabungan komisi dan seluruh fraksi DPRD menerima aspirasi yang disampaikan oleh presidium DOB Kambatang Lima.

Hasil hearing tersebut sekaligus sebagai acuan bagi dewan untuk membuat kebijakan seperti anggaran perubahan terkait adanya tim yang dibentuk bupati dalam melaksanakan pekerjaannya kajian.

Dari hasil kajian itulah, nantinya diketahui layak atau tidak layaknya pemekaran ini dilakukan yang kemudian rekomendasi tersebut akan dikeluarkan setelah DPRD melakukan paripurna yang akan dijadwalkan Banmus.

Diketahui sebelumnya, sekian kalinya aksi damai menuntut pemekaran Kabupaten Kambatang Lima yang digelar massa gabungan dari perwakilan 12 kecamatan yakni Kecamatan Kelumpang Selatan, Kelumpang Hilir, Kelumpang Hulu, Kelumpang Utara, Kelumpang Barat, Kelumpang Tengah, Pamukan Selatan, Pamukan Utara, Pamukan Barat, Hampang dan Sampanahan.

Terkini aksi damai digelar Selasa (25/2) dimulai dari taman siring laut depan kantor bupati, yang kemudian dilanjutkan ke gedung DPRD hingga dilaksanakan rapat dengar pendapat dengan melibatkan beberapa perwakilan.

Secara bulat DPRD Kabupaten Kotabaru mendukung terbentuknya pemekaran Kabupaten Tanah Kambatang Lima yang kini diperjuangkan perwakilan dari 12 kecamatan dari 21 jumlah kecamatan di Bumi Saijaan.

Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis mengatakan, secara bulat seluruh fraksi yang ada di legislatif mendukung terbentuknya Kabupaten Tanah Kambatang Lima.

Dari hasil Pemilu 2019 diketahui, terdapat delapan fraksi yang duduk di parlemen Kotabaru yakni Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Persatuan Pembangunan, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Hati Nurani Rakyat, Fraksi Amanat Nasional, Fraksi Keadilan Indonesia Raya, dan Fraksi Nasdem Demokrat Indonesia.

"Bukan hanya menyetujui, bahkan seluruh fraksi di DPRD Kotabaru mendukung terbentuknya Kabupaten Tanah Kambatang Lima yang kini diperjuangkan melalui perwakilan 12 kecamatan yang ada," kata Syairi Mukhlis.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020