Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menargetkan pada 2020 
Laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) mendapatkan nilai BB.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) HST, H A Tamzil saat menutup workshop SAKIP bagi seluruh pejabat lingkup Pemkab HST, Selasa (18/2) di Sebuah Hotel di Kota Banjarmasin.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

"Usaha yang telah kita laksanakan baik dari sisi program kegiatan  dan anggaran dibelanjakan secara sederhana sesuai aturan," katanya.

Menurut Tamzil, Tahun 2019 yang lalu, SAKIP Pemkab HST sudah mendapat kategori B. Diharapkannya, melalui momentum workshop dengan nara sumber dari Asisten Deputi Menpan RB, DR Nadimah dan Inspektorat, Bapelitbanda , Biro Organisasi Pemprov Kalsel, kita upayakan 2020 ini predikat BB.

 Usai workshop, Sekda memohon kepada semua Kepala Badan, Dinas,Kantor dan Camat  termasuk penjabat Staf Ahli Bupati serta Para Asisten yg mengikuti workshop ini wajib kita wujudkan pesan Menpan RB guna mengelola keuangan lebih baik lagi agar bersih dan Akuntable.

"Birokrasi yang efektif dan Efisien serta memiliki pelayanan berkualitas, tentu dengan tetap mengacu sasaran kinerja yang telah di elaborasi di workshop sakip ini," katanya.

Dia juaga berharap, semoga dengan upaya yg demikian, kita semua dapat memantapkan lagi meraih predikat BB untuk nilai SAKIP dan pada gilirannya memperkuat dan membantu Bupati mewuiudkan Hulu Sungai Tengah yg semakin Agamis Sejahtera Mandiri dan Bermartabat.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020