Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Dahnial Kifli mengatakan,  ingin Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tanah Laut  menjadi contoh dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain di daerah tersebut.

“Penataan pertama adalah  kawasan parkir, dulunya banyak kendaraan roda dua  terparkir tidak rapi dan berjejalan di tempat parkir kendaraan roda empat, untuk itu sekarang ada petugas dari Satpol PP stand by setiap pagi untuk mengatur kendaraan roda dua agar parkir ditempat parkir semestinya,”ungkapnya.

Selain itu, sebut dia,  sekarang juga mulai proses pembuatan kawasan parkir tepat di belakang Kantor Setda Tanah Laut yang saat ini proses pengerjaanya telah dilakukan.

Sedangkan dari segi kebersihan, sebut dia,  khususnya toilet  di Kantor Setda Tanah Laut sekarang lorong toilet dipasangi dengan wallpaper berwarna biru muda untuk memberikan kesan kesegaran dan keindahan.

Sepanjang lorong itu, menurut dia, juga dipasangi bingkai foto pemandangan alam dari Kabupaten Tanah Laut dan petugas kebersihan stand by membersihkan toilet-toilet yang ada di Kantor Setda sehingga kebersihan toilet selalu terjaga.

"Toilet yang ada di kantor ini harus selalu bersih, kita sudah stand by kan petugas kebersihan. Kantor Setda ini adalah salah satu kantor pelayanan public  dan tentunya banyak masyarakat yang kesini, sehingga harus selalu bersih kalau tidak akan sangat memalukan," ujar Dahnial.

Untuk mempercantik Kantor Setda,  Dahnial Kifli juga mengintruksikan kepada Bagian Umum Setda Tanah Laut  agar median taman dan trotoar yang warna catnya mulai kusam dicat ulang, sehinggar terlihat lebih indah.

Lebih lanjut dia mengemukakan, saat ini juga dilakukan penataan taman dan kolam  di depan Kantor Setda Tanah Laut  yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan guna menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan Setda Tanah Laut.

Setiap hari Jumat seluruh karyawan/ karyawati lingkup Setda Tanah Laut, terang dia,  diwajibkan membersihkan ruang kerja serta lingkungan Kantor Setda Tanah Laut.

"Kebersihan kantor setda ini merupakan tanggung jawab seluruh karyawan Setda bukan cuma petugas kebersihan saja,"tandasnya.

Dahnial Kifli juga menginginkan  seluruh SKPD lingkup Pemkab Tanah Laut melakukan apa yang telah dicontohkan oleh Setda Tanah Laut.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020