Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menggelar Focus Group discussion (FGD) penilaian tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2020 dilaksanakan, di Aula Pencerahan Bapedda, Minggu (16/2).

Wakil Bupati Tanah Laut Abdi Rahman mengharapkan  Bappeda bersama dinas terkait memberikan yang terbaik dalam persentasi.

"Kami yakin, Bappeda dan dinas terkait telah mempersiapkan segala halnya dengan sebaik-baiknya, sehingga visi misi terjawab dari planning yang telah disiapkan dan action yang telah dilakukan," sebut Abdi.

Pmerintah Kabupaten Tanah Laut, sebut dia, sangat serius dalam penyusunan RKPD, hal itu dilihat dari seluruh tahapan perencanaan telah dilaksanakan dengan baik.

Mekanisme bottom-up, jelas dia,  telah dilakukan melalui  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) wilayah, musrenbang kecamatan, forum konsultasi publik, forum gabungan perangkat daerah sampai dengan musrenbang kabupaten, dengan penyelarasan terkait program prioritas pada pemerintah pusat dan provinsi.

Sehingga, ungkap dia,  program yang ada di kabupaten mendukung program prioritas pemerintah pusat.

Wabup juga mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan adanya penghargaan pembangunan daerah tersebut karena dengan penghargaan itu diharapkan dapat memacu pembangunan di Kabupaten Tanah Laut  dan memunculkan inovasi baru.

Disamping itu, terang dia,  inovasi daerah dapat meningkatkan kualitas pembangunan daerah sehingga diharapkan seluruh proses perencanaan di daerah dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Abdi mengarapkan,  hasil penilaian dapat memberikan dampak positif kedepannya dengan hasil yang maksimal.

Perlu diketahui tahun 2020, beber dia,  merupakan tahun perencanaan ketiga Sukamta Abdi Rahman memimpin Kabupaten Tanah Laut dalam RPJMD 2018-2023.

Sehingga, sambung dia,  perlu menekan agar perumusan perencanaan pembangunan di tingkat Kecamatan nantinya dapat mendukung pencapaian visi-misi Kabupaten Tala yakni terwujudnya Tala yang berinteraksi (berkarya, inovasi, tertata, religius, aktual dan sinergi).

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Dahnial Kifli, Staff Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Husein Irianta, Komisi II DPRD Tanah Laut  Edy Purwanto, kepala SKPD lingkup Pemkab Tanah Laut, Camat dan pelaku usaha.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020