Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta meresmikan motif baru sasirangan diproduksi Pengrajin Tambang Ulang dengan nama Saringkel Pandan merupakan kepanjangan dari Sasirangan Ringkel Tuntung Pandang dan B@ Taringan singkatan dari Batik Tanah Laut Motif Sasirangan.

Kedua motif baru itu diluncurkan seiring dengan dilakukannya peresmian Gedung Pusat Promosi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan Tambang Ulang, Kamis (13/2).

Bupati menyebut,  peluncuran motif baru ini sebagai tujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar  serta bentuk inovasi baru produk Sasirangan Tanah Laut yang siap bersaing dengan motif sasirangan lainnya.

“Kita sebelumnya sudah punya sasirangan jimpitan ini untuk umum, Saringkel Pandan  untuk kelas menengah ke atas dan untuk B@ Taringan untuk memenuhi kebutuhan pasar kelas bawah,  misalnya seragam sekolah karena harganya lebih terjangkau,” jelas Sukamta.

Dengan motif baru,  Sukamta meminta, agar Saringkel dipromosikan secara gencar, jika perlu dipromosikan melalui tayangan televisi swasta, dimana ada salah warga Tanah Laut yang berlaga dalam Lomba Liga Dangdut.

Beliau juga menegaskan,  sebelum dipromosikan keluar daerah oleh warga Tanah Laut, hendaknya  Aparatur Sipil Negara (ASN) terlebih dahulu menggunakan produk tersebut dan membelinya dari pengrajin di Tanah Laut.

Sukamta juga mengaku  bangga,  setiap kali memakai sasirangan produk Tanah Laut, karena memiliki kualitas baik,  bahkan dari segi pewarnaan sudah bersaing dengan produk lain.

“Saya bangga sasirangan kita sudah maju, jadi saya harap semua membeli produk dari IKM kita, karena siapa yang lagi yang mempromosikan kalau bukan kita. Tentu dengan semakin banyak pengrajin sasirangan tumbuh dengan kualitas yang bagus akan membawa dampak positif untuk kemajuan perekenomian rakyat kita,” tandasnya.
Bupati Tanah Laut H Sukamta meresmikan motif baru sasirangan diproduksi Pengrajin Tambang Ulang dengan nama Saringkel Pandan merupakan kepanjangan dari Sasirangan Ringkel Tuntung Pandang dan B@ Taringan singkatan dari Batik Tanah Laut Motif Sasirangan, Kamis (13/2).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020