Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalsel.

Peresmian TPA sampah yang berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banjarbaru itu dilakukan Presiden RI Joko Widodo yang datang ke lokasi tepat pukul 17.30 Wita didampingi sejumlah menteri. 

TPA Sampah Regional Banjarbakula mampu melayani kapasitas maksimal 790 ton per hari yang dihasilkan oleh 2,6 juta jiwa penduduk tersebar di lima kabupaten/kota kawasan Metropolitan Banjarbakula.

"Pembangunan TPA ini sangat efesien mengolah sampah kawasan. Namun program tidak akan berjalan tanpa dukungan pemkab dan pemkot terutama penyediaan lahan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Disebutkan, manfaat pembangunan TPA regional untuk meningkatkan pemrosesan akhir sampah di kawasan Banjarbakula yakni Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Kabupaten Barito Kuala. 

Pembangunan TPA sampah Regional Banjarbakula merupakan dukungan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya kepada pemda dikerjakan sejak 12 Mei 2017 dan rampung November 2018 dengan anggaran Rp149 miliar.

Peresmian TPA Banjarbakula dihadiri sejumlah menteri, anggota DPR RI, dan unsur Forkopimda Kalsel, termasuk Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani serta Bupati Banjar Khalilurrahman.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020