Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membina masyarakat yang memiliki usaha dibidang perikanan untuk menambah produk usaha yang dikelola.

"Kami menggelar diversifikasi atau pelatihan usaha penganekaragaman produk makanan yang berbahan dasar ikan bandeng di Kecamatan Satui sejak 3 Februari 2020," kata Ketua IPKANI Tanah Bumbu, Eko Priyo Raharjo, di Batulicin, Kamis.

Dia mengatakan, pembinaan kali ini para masyarakat yang berjumlah mencapai puluhan orang dilatih untuk membuat makanan yang berbahan dasar ikan bendeng menjadi "tik-tik ikan" dan "rolade".

Pelatihan tersebut dilakukan karena tingginya minat konsumen makanan yang berbahan dasar ikan bandeng, namun tidak banyak masyarakat yang dapat memproduksi.

Oleh sebab itu, IPKANI terus bermitra kepada para pembudidaya ikan bandeng khusunya di Kecanatan Satui Desa Pandamaran untuk mengembangkan usahanya dengan membuat makanan yang berbahan dasar ikan bandeng tambak.

"Ini adalah peluang usaha yang sangan bagus dan kami harap masyarakat masyarakat yang sudah menerima pelatihan ini akan lebih teampil dalam mengambangkan usahanya sehingga mampu membuka lapangan pekerjaaan," ujarnya.

Menurut Eko, seringnya dilakukan pembinan maka kedepannya akan menumbuhkan pengusaha ide-ide kreatif dalam berwira usaha sehigga, hal ini akan muncul pengusaha-pengusaha baru yang dapat menekan angka pengangguran.

"Dalam pembinaan ini kami juga dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Tanah Bumbu-Malang (Hima Tanbu Malang) yang telah mengisi waktu libur mereka di kampung halaman untuk peduli kepada masyarakat di Tanah Bumbu," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020